Mengenal penyu lebih dekat di taman kili kili


Taman kili kili adalah sebuah taman konservasi penyu yang berada di kawasan pantai kili kili kecamatan Panggul kota Trenggalek, masih satu arah aspal dengan jalan menuju pantai pelang yang sudah terkenal itu. Taman konservasi yang di kelola oleh masyarakat sekitar ini adalah satu satunya tempat konservasi Penyu yang ada di Trenggalek serta sebagai usaha terakhir untuk melestaraikan habitat penyu yang memang sudah masuk kategori warna merah atau hampir punah. Di sini telur telur yang berada pantai lepas di pindahkan kedalam kolam pasir sebagai media alami penetas telur penyu. 
Kolam pasir sebagai media penetas telur penyu

Bukan tanpa sebab penyu penyu ini  jumlahnya menurun dari tahun ke tahun, hal ini di sebabkan beberapa factor mulai dari pencurian telur, perburuan penyu secara ilegal, di mangsa predator alami dan sampai isu pemanasan global juga turut mempengaruhi jumlah penurunan penyu. 
Salah satu penyu dewasa di taman kili kili

Selain hal tersebut penyu yang di kenal mempunyai jangka hidup yang panjang ini ternyata prosentase hidupnya di lautan pun sangat rendah, dari sekian ratus tukik yang di lepas di penangkaran ini di perkirakan hanya akan ada beberapa puluh ekor saja yang mampu bertahan hidup dan kembali lagi ke pantai untuk bertelur kelak.
Lokasi penangkaran tukik

Dampak pemanasan global pun juga mempengaruhi jumlah penurunan penyu, seperti yang di ungkapkan oleh salah seorang aktifis konservasi di taman kili kili ini bahwa jika suhu kelembapan pada pasir ini terlalu panas maka telur telur penyu akan menetas lebih cepat dari waktu normalnya dan kebanyakan akan menghasilkan generasi penyu betina. Namun jika suhunya normal maka jangka waktu menetasnya pun juga akan normal dan akan banyak lahir tukik tukik jantan dari telur tersebut.

Semoga dengan berkunjung di taman kili kili ini akan membuka wawasan kita tentang penyu serta lebih mencintai mahluk hidup lainnya. Jangan lupa juga untuk masukkan beberapa uang kecil di kotak amal sebagai bentuk kepedulian kita terhadap penyu dan agar taman wisata kili kili ini bisa terkelola lebih baik lagi.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal penyu lebih dekat di taman kili kili"

Post a Comment