“Geliat Sang Putri Ngerit Yang Mulai Terbangun Dari Tidur Panjang”


Goa Putri Ngerit atau yang kerap di  sebut dengan Goa Ngerit  merupakan sebuah goa yang berada persis di tepian arus sungai yang mengalir lebih tepatnya kalau di sebut dengan stone garden (taman batu). Goa yang pernah menjadi primadona pada era sembilan puluhan ini memang masih menyimpan daya tarik dan keindahaannya yang sudah sangat lama terkubur dan terlupakan. 

Obyek Wisata ini bisa di bilang merupakan salah  satu contoh bukti dari kejamnya tangan manusia yang tidak sadar dan peduli akan lingkungan sekitar. Dimana tebing tebing penyangga sungai diambil dan di jarah batuannya untuk bahan bangunan hingga menyebabkan longsor saat banjir ketika musim hujan. Belum lagi tangan -tangan kreatif penebar vandalisme yang hampir memenuhi setiap sudut dan celah dari kawasan ini dengan tulisan tulisan konyol.
Goa Ngerit
Namun kini Putri Ngerit yang rusak akibat ulah tangan jail tersebut perlahan lahan mulai bangun dan berbenah diri untuk sekali lagi menjadi obyek wisata primadona masyarakat kecamatan kampak dan meramaikan pariwisata di kota Trenggalek . semua itu berkat sentuhan tangan dari komunitas peduli lingkungan dan kepedulian serta kesadaran  warga sekitar yang rindu dengan keindahan dan masa kejayaan sang Putri Ngerit.
Stone Park tempat asik buat nongkrong
Mungkin ada yang penasaran juga kenapa goa ini di namakan Goa putri ngerit, ada beberapa versi cerita turun temurun tentang goa ini. Menurut cerita dari kakek nenek yang tersebar luas konon dulu di wilayah kampak ini ada seorang putri yang sangat cantik bernama Putri Ngerit dimana putri tersebut di perebutkan oleh dua orang pemuda sakti yang bernama joko prongos dan joko gadung. Perkelahian yang di menangkan oleh joko prongos ini membuat putri ngerit enggan menerima lamaran nya dikarenankan sosok joko prongos yang kurang tampan kerena memiliki gigi yang tonggos(mrongos).
Teras tebing berbatu
Dan akhirnya sang putri lari sembunyi kesebuah goa yang kini namai goa ngerit sedang joko prongos yang kecewa karena cintanya di tolak lari bersemedi di sebuah gunung yang kini dikenal dengan nama gunung prongos gununng yang sekarang ini terkenal dengan ngarai dan omah kayunya. Cerita asal usul dari goa ini pun memiliki banyak versi namun yang sering saya pribadi dengar adalah versi yang saya tulis di atas.
Goa pertapan
Namun di versi lain yang beredar di masyarakat sekitar goa di ceritakan putri ngerit ini adalah tempat sembunyi sang putri dari perebutkan dua orang sakti yang bernama  Demang Tanggar dan Ronggo Pesu. Kedua tokoh yang sama sakti ini akhirnya meninggal karena terluka parah di mana tempat matinya Ronggo Pesu dinamakan dusun pesu yang ada di Desa karangrejo. Bahkan menurut cerita asal muasal Desa Senden pun berasal dari cerita putri ini saat bersandar (senden dalam bahasa jawa) saat beristirahat untuk menuju tempat persembunyian.
Jembatan bambu primadona baru
Di goa yang memiliki sejarah tentang percintaan ini kita dapat melihat keindahan tebing tebing batuan yang menjulang tinggi menurut penuturan salah seorang warga terdapat  lima belas lorong goa yang berada di kawasan ini di mana empat  diantaranya sudah layak untuk di kunjungi. Tak hanya itu kretiftas sentuah tangan pun  mulai dinampakkan dengam didirikannaya sebuah jembaan bambu diatas aliran sungai. Jembatan yang menghubungkan  dua tebing terpisah ini mampu menarik minat pengunjung untuk datang ke sini dan juga mempercantik keindahan dari goa ngerit.



Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to " “Geliat Sang Putri Ngerit Yang Mulai Terbangun Dari Tidur Panjang”"