Umbul Ngudalan “Petirtaan Mistis Penuh Sejarah”


Mendengar kata mistis mungkin sudah agak membuat bulu kuduk kita merinding dan mengurungkan langkah kita untuk mendatangi tempat tersebut. Memang di berbagai tempat , tertutama tujuan wisata di wilayah Nusantara ini banyak sekali yang di keramatkan dan memiliki nuansa mistis yang kental. Namun dengan cerita mistis dan pengkeramatan tersebut  justru membuat benda benda atau apa saja yang ada di lokasi wisata menjadi lebih aman dan terawat. Tentu bagi mereka yang percaya akan hal tersebut akan berpikir seribu kali jika ingin berbut neko neko di tempat yang di mistis.

Hal tersebut tak beda jauh dengan dengan umbul Ngudalan, Ngudalan adalah sebuah nama dari umbul yang berada di desa karanggrejo kecamatan kampak Trenggalek. Umbul yang di keramatkan oleh warga sekitar ini memang tampak seperti umbul biasa pada umumnya. Namun siapa yang sangka jika di sekitar umbul ini ternyata pernah di temukan sebuah prarasti peninggalan Empu yang sangat terkenal ada masa itu yakni Empu Sendok. Dimana prasasti ini konon di klaim merupakan prasati tertua di Kota trenggalek yang pernah di temukan.

Menurut dari cerita yang ada Empu dari kerajaan Majapahit ini memang sengaja sembunyi di wilayah Ternggalek setalah kalah dari peperangan melawan serangan kerajaan musuh. Di kawasan petirtaan mistis inilah sang Empu bersemedi dan menyusun kekuatan serta pasukannya  untuk membalas kekalahan kerajaan Majapahit waktu itu.

Dan berdasarkan cerita di atas hingga sekarang pun umbul ini masih di anggap keramat bahkan saking keramatnya para penduduk tak berani mengambil ikan ikan yang ada di lokasi ini yang jumlahnya mencapai ratusan ekor. Alhasil ikan di area umbul ini pun terus berkembang biak dan tumbuh dengan besarnya, jadi jangan heran jika kita menjumpai ikan ikan yang biasa hidup di sungai bisa seukuran telapak tangan orang dewasa.

Tentu melihat ukuran ikan ini pasti akan terbesit niat untuk mengambilnya apa lagi yang punya hobi mincing seperti saya. Namun  saya ingatkan jangan sekali kali mengambil ikan ini dari umbul apa lagi kalau hanya untuk lauk saja. Jika memang kalian tidak percaya pada hal misitis setidaknya dengan tidak mengambil ikan tersebut berarti kalian sudah berperan dalam menjaga ekosistem yang ada. Selain itu jika ketahuan mengambil ikan di area umbul siap siap saja kalian di kenai sanksi warga setempat. Sanksi paling ringan mungkin adalah  dengan menganti ikan dengan bibit yang baru.

Satu lagi jika berkunjung jangan lupa untuk membawa roti atau pakan lele untuk di sebar di kolam, supaya ikan yang bersembunyi bisa berkumpul semua. Jangan lupa juga untuk memasukkan kaki dalam kolam yang sudah di kerumini ikan tadi dan rasakan  sensasinya saat jemari kaki di terjang oleh puluhan ekor ikan yang berebut makanan di bawah kaki kalian.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Umbul Ngudalan “Petirtaan Mistis Penuh Sejarah”"

Post a Comment