Nguncar “Sumber Mata Air Yang Memancar Dari Celah Tebing”


Nguncar adalah sebuah sebutan untuk sumber mata air alam  yang berada di Desa karangrejo Kabupaten Trenggalek. Sumber mata air yang berasal langsung dari celah tebing ini memiliki debit air yang sangat deras dan juga jernih sekali. Air yang mengalir deras tersebut di tampung di sebuah kolam buatan berukuran sangat besar. Dari tampungan inilah air jernih tersebut di salurkan melalui pipa-pipa besar yang arahkan  menuju pemukiman penduduk. Oleh penduduk sekitar air dari nguncar di manfaatkan untuk berbagai keperluan sehari hari yang tentu sangat bermanfaat jika  musim kemarau panjang datang.
Meikmati segarnya air pegunungan asli
Lokasinya yang berada jauh di dalam hutan serta di bawah kaki pegunungan membuat sumber mata air nguncar sangat terjaga kebersihannya. Saking jernihnya sudah menjadi kebiasan bagi  penduduk yang baru pulang dari hutan untuk langsung meminum air dari sumber nguncar ini secara langsung dan tentu rasanya pasti segar sekali tak kalah dengan minuman mineral bermerek terkenal.

Lokasi menuju nguncar bisa di bilang sangat mudah sekali medan yang datar dan berdampingan dengan aliran sungai membuat perjalanan pasti sangat menyenangkan. Bahkan jika sedang terik pun teduhnya pohon di hutan ini tidak akan membuat kita kepanasan. Untuk bisa kesini pertama tama saya sarankan harus membawa teman minimal dua atau tiga orang, hal ini di karenakan lokasi tujuan berada di dalam hutan dan tentu untuk berjaga jaga jika ada hal yang tidak di inginkan.
Naik tebing untuk melihat sumber nguncar
Jika syarat utama sudah terpenuhi kita tinggal memacu kendaraan sampai ke pertigaan dari lokasi menuju air terjun kupu kupu di sini bisa tanya warga untuk lebih jelasnya. Di pertigaan ini lurus saja hingga menjumpai pipa pipa besar, pipa inilah yang akan men jadi petunjuk perjalanan menuju nguncar. Di kaeranakan jalan melintasi hutan hanya berupa jalan setapak maka kita bisa menitipkan kendaran di rumah penduduk sekitar. Ingat selalu perhatikan jalur pipa saat mencari lokasi nguncar atau bisa dengan mengikuti aliran sungai dengan arah melawan arus.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nguncar “Sumber Mata Air Yang Memancar Dari Celah Tebing”"

Post a Comment