Biji Bijian Yang Dapat Digunakan Sebagai Kopi

Kopi merupakan minuman yang berasal dari biji tanaman kopi yang sudah terkenal sejak berabad abad lalu sebagai minuman kaum elit dan bangsawan. Di Indonesia sendiri kopi pernah menjadi primadona pasar pada era penjajahan kolonial Belanda bahkan hingga saat ini jumlah penikmat kopi pun terus bertambah di seluruh penjuru dunia.

Porses pembuatan kopi bisa dibilang cukup mudah, hanya perlu memisahkan antara biji dan kulit. lalu setelah itu biji dijemur hingga kering merata, setelah itu dilanjutkan dengan proses pemanggangan (sangrai) dikuwali tanah dan kemudian langsung menumbuk atau diselip untuk menghasilkan bubuk kopi yang sedap.

Seiring berkembangnya kreasi dan inovasi dari para penggiat kulier dan UKM, kopi yang sejak jaman dulu hanya terbuat dari biji kopi mulai mengalami berbagai variasi dan perubahan. Salah satunya adalah dengan membuat kopi melalui biji-bijian alternatif lain yang juga dapat menciptakan cita rasa yang nikmat. Berikut ini adalah beberapa biji-bijian yang dapat dijadikan minuman layaknya sebuah kopi :
 
Kopi kacang Hijau
Kacang hijau
Biji kacang hijau sudah cukup lama dikenal sebagai minuman kopi yang dikenal dengan kopi hijau. Kopi dari kacang hijau ini memang tak 100% berasal dari biji kacang hijau namun campuran yang didominasi dari kacang hijau ini membuat kopi hijau terasa sangat nikmat dan sedap saat di minum bahkan  hingga sekarang sudah memiliki banyak penggemar.
 
Kopi biji salak
Kopi biji salak
Kopi biji salak mulai dikembangkan pada tahun 2014 lalu di kota jember, kopi yang terinspirasi dari banyaknya jumlah biji salak yang berhamburan ini cukup mudah cara pembuatanya yakni dengan cara memotong biji buah salak menjadi ukuran kecil dan kemudian dijemur hingga kering. Setelah itu biji salah akan disangrai dan kemudian ditumbuk atau diselip hingga menjadi bubuk kopi salak yang nikmat.
Kopi biji pepaya

Kopi biji pepaya
Kopi biji pepaya adalah salah satu kopi yang masih dalam tahap pengembangan, kopi  ini disajikan secara praktis menjadi kopi celup tinggal seduh. Harapannya, produk minuman dari bubuk biji pepaya diharapkan menjadi salah satu alternatif pengganti kopi tanpa kafein.
 
kopi biji kurma
Kopi biji kurma
Kopi biji kurma nampaknya sudah mulai ramai diproduksi di daerah asalnya. Kopi ini dari Biji kurma mengandung banyak zat yang penting untuk tubuh, diantaranya 71,9 - 73,4 % karbohidrat, 5 - 6,3 % protein, dan 9,9 - 13,5 % lemak. Biji kurma juga mengandung banyak mineral lainnya yang baik untuk tubuh seperti kalium (K), magnesium (Mg), dan natrium (Na). Selain itu kopi ini juga digadang gadang memiliki banyak khasat seperti meningkatkan stamina, menghilangkan sakit kepala, menyembuhkan anemia dll.
 
Kopi biji rambutan
Mahasiswa Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar Zunziani Farida (19) mengolah biji rambutan menjadi minuman rasa kopi yang mempunyai prospek cerah di pasaran jika digarap serius. "Disebut kopi biji rambutan karena proses pembuatan dan cita rasa minuman ini mirip dengan kopi," kata Farida kepada BLITARTIMES, Rabu (19/4/2017).
 
Kopi ini terinspirasi dari pembuatan kopi salak yag sudah trending sebelumnya. Cara pembuatannya juga sama dengan kopi kopi lain yakni pengeringan dan penyangraian dengan suhu panas.
 
Nah berikut tadi adalah macam macam biji yang dapat diolah menjadi minuman kopi, tentunya masih banyak lagi biji-bijian yang dapat diolah menjadi kopi yang nikmat dan sedap. Bagaimana dengan sobat pembaca tertarikkah untuk menciptakan jenis kopi baru dari biji-bijian yang ada disekitar kita?.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Biji Bijian Yang Dapat Digunakan Sebagai Kopi"

Post a Comment