Tanda Tanda Alam Datangnya Musim Hujan

Musim kemarau panjang yang menimpa berbagai daerah membuat sebagian daerah tersebut mulai mengalami darurat air bersih. Sumber sumber mata air yang dulu mengalir kini mulai nampak kering dan menyusut debit airnya.

Indonesia sebagai negara tropis memiliki pembagian dua musim yakni musim hujan selama enam bulan dan musim kemarau selama enam bulan pula. Namun tahukah sobat jika alam selalu menampilkan tanda tanda yang sama saat akan pergantian musim terutama dari musim kemarau menuju musim penghujan.

Apa saja tanda tanda alam yang sering kita lewatkan ini, yuk kita pelajari bersama dibawah ini.
 
Cuaca menjadi lebih panas dimalam hari
Mendekati musim hujan cuaaca akan berubah menjadi lebih panas dimalam hari, hal ini disebabkan oleh penguapan tanah bumi akibat panasnya terik matahari. Hal ini lambat laun akan memicu terciptanya uap uap air yang terkondensasi diudara, asal tidak ada angin yang berhembus maka uap uap air yang telah berkumpul menjadi awan hujan ini pasti akan menurunkan rintik hujan.
 
Pohon Mahoni bersemi
Berseminya pohon yang meranggas
Saat musim kemarau datang beberapa pohon seperti mahoni dan jati akan meranggas dan menggugurkan daun daunnya sehingga nampak kering dan mati. Namun perlu kita amati jika beberapa bulan kemudian pohon ini mulai bersemi maka sudah bisa dipastikan musim hujan akan segera datang.
 
Demikian beberapa tanda alam akan datangnya musim hujan, jangan lupa untuk sedia payung atau mantel agar tidak kehujanan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanda Tanda Alam Datangnya Musim Hujan"

Post a Comment