Sejarah Sumur Termewah di Dunia dari India

Sejarah Sumur Termewah di Dunia dari India
Sumur merupakan sebuah sumber mata air buatan yang kerap di manfaatkan untuk kepentingan umum. Namun ada juga beberapa sumur yang terbuat dengan cara alami yang tanpa harus susah susah melakukan penggalian untuk mendapatkan sumber mata air.

Membahas soal sumur kali ini ada sebuah sumur termewah yang ada di dunia sumur yang bisa dikatakan sangat mewah ini berada di Negara india. Sumur dengan mata air yang sangat jerni ini dikelilingi oleh bangunan megah khas ornament India.

Konon katanya sumur mewah ini menyimpan sejarah peradaban yang cukup tua dan juga tentang sebuah kisah cinta dari penguasa pada jaman itu. Dikisahkan sumur mewah yang diberi nama Adalaj Ni Vav dibangun oleh Raja Rana Veer Singh. Sumur ini adalah bantuan raja kepada rakyat india yang pada saat itu sedang mengalami bencana kekeringan yang parah.


Belum selesai Adalaj Ni Vav di bangun, Raja Rana Veer Singh pergi untuk melakukan perang melawan Raja Muslim Mehmud Begada. Namun naas dalam pertempuran Sang Raja Rana Veer Singh kalah dan tewas sehingga proyek pembuatan sumur Adalaj Ni Vav tidak di lanjutkan.

Raja Muslim Mehmud Begada yang telah memenangi pertempuran datang menghadap Ratu Roopba atau biasa disebut Ratu Rudabai, istri Raja Rana Veer Singh. Karena kecantikan yang terpancar dari paras sang Ratu, Raja Mehmud Begada pun jatuh akhirnya cinta padanya.

Sang Raja yang jatuh cinta ini pun kemudian mengungapkan niatnya untuk mempersunting Ratu. Ratu Roopba pun  setuju untuk menikahi Raja Mehmud Begada, namun dengan mengajukan  satu syarat. Raja Mehmud Begada harus menyelesaikan proyek sumur mewah Adalaj Ni Vav yang sempat tertunda karena Tewasnya sang Suami.

Raja Mehmud Begada pun menyetujui syarat yang diajukan oleh Ratu Roopba, bahkan Raja Mehmud Begada pun mempercantik arsitektur sumur dengan gedung gedung bergaya Solanki dan relief Hindu dengan pengaruh Islam.

Rupanya Raja Mehmud Begada tak main-main untuk menyelesaikan pesyaratan yang diminta oleh Ratu Roopba. Raja Mehmud Begada pun memberikan ukiran, parung dan ornamen di Adalaj Ni Vav. Hingga sumur ini menjadi sebuah sumur yang benar benar mewah pada saat itu hingga jaman sekarang.

Ternyata itu semua adalah siasat dari Ratu Roopba, begitu pembuatan sumur mewah ini selesai sang Ratu berjalan menunju tepi sumur dan langsung bunuh diri dengan cara melompat kedalam sumur tersebut. Dari awal ternyata sang Ratu tidak pernah tertarik pada Raja Mehmud Begada.

Saat ini sumur mewah Adalaj Ni Vav menjadi sebuah tujuan wisata yang cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Kebanyakan dari mereka sangat kagum akan keindahan dan kemegahan ornament yang ada pada sumur tersebut.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Sumur Termewah di Dunia dari India"

Post a Comment