Pak Bon keren berhasil ciptakan pompa hidram di kecamatan panggul


Namanya Wito pria paruh baya dengan kumis tebal asal weru munjungan ini tiap harinya mengabdikan diri disalah satu  SMP negeri di kecamatan Munjungan sebagai seorang Pak bon (tukang kebun). Tiap hari sehabis bekerja dia selalu menyempatkan diri untuk mengolah lahan di kawasan perbukitan sekitar pantai pelang. Di kawasan ini lah dia bersama rekan rekannya menanam bergai macam jenis tanaman dari tanaman keras seprti kopi, kelapa,hingga papaya,cabai,dll.

Latak lahan garapan  yang jauh dari sumber mata air memaksa dia bersama teman temannya untuk membuat suatu inovasi baru yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Bermodalkan pengetahuan ala kadarnya dari  dunia maya dan medsos kelompok ini berhasil menciptakan sebuah pompa hidram sederhana yang dapat mengangut air dari bawah bukit menuju kawasan perkebunan yang berada di ketinggian sekitar 200 meter.

Pompa yang sudah ada sejak satu tahun lalu ini sangat lah terasa manfaatnya bagi para penduduk yang juga mempunyai ladang garapan di kawasan bukit. Teknologi tepat guna ini tentu lebih hemat biaya dari pada harus menggunakan mesin diesel untuk mengairi ladang. Menurut penuturan dari Wito dana yang dikeluaran untuk membuat pompa hidram ini kurang lebih memakan dana sekitar  lima juta rupiah. Tentu dana tersebut terbilang murah jika di banding dengan mesin  diesel yang harus terus menerus mengisi bahan bakar jika akan menggunakannya.
Pak Emil lagi nyimak penjelasan dari Pak Bon

Pompa hidram sangat bermanfaat di daerah perbukitan, memang sudah seharusnya teknologi ini di terapkan di wilayah wilayah perbukitan di kota Trenggalek, apa lagi di wilayah yang sering terjadi kekurangan air saat musim  kemarau datang. Hal  tersebutlah  yang membuat Bupati Trenggalek Bapak Emil bersedia untuk datang dan melihat langsung bagaimana kinerja dari pompa keren ini. walau harus dengan bersusah payah naik turun bukit namun itu semua bukan jadi penghalang bagi beliau.

Ekspresi kagum dan senang pun terlihat dari wajah bapak Emil ketika melihat pompa hidram ini benar benar berfungsi sebagaimana mestinya. Semoga dengan kunjungan beliau pompa ini dapat di terapkan di wilayah lain yang membutuhkan, agar tidak ada lagi masyarakat yang harus kesusahan air bila musim kemarau telah datang.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pak Bon keren berhasil ciptakan pompa hidram di kecamatan panggul"

Post a Comment