Rekomendasi Wisata Bukit Dan Gunung di Trenggalek Yang Indah Banget

Trenggalek yang dikenal sebagai wilayah pegunungan memang belum bisa mengoptimalkan potensi wisata dari keindahan bukit dan gunung yang ada. Selama ini potensi wisata yang di kembangkan hanya masih seputar wilayah pesisir dengan jajaran pantainya yang cukup indah, itu pun juga hanya beberapa puluh pantai yang sudah memiliki akses jalan yang layak untuk dilewati.

Perlu di ketahui juga bahwa di Trenggalek sendiri sebenarnya mempunyai banyak titik wisata bukit dan juga gunung yang tidak kalah indah dengan wilayah lain jika terkelola dengan apik. Banyak wilayah tetangga yang sudah menyulap kawasan bukit menjadi destinasi wisata andalan seperti bukit bunda, bukit teletabis dll, yang ternyata mampu menarik minat wisatwan untuk mengunjunginya.
 
Sebenarnya di Trenggalek sendiri juga sudah ada geliat untuk mengelola kawasan bukit dan gunung untuk menjadi lokasi wisata yang apik dari para pemuda dan juga penduduk setempat namun usaha mereka kebanyakan gagal dan kandas di pertengahan jalan. Tidak banyak potensi wisata gunung dan juga bukit yang mampu eksis hingga saat ini hanya ada beberapa saja namun rasanya kita juga perlu tau secara detail potensi wisata gunung dan bukit ini meskipun belum terkelola atau di berdayakan oleh masyarakat setempat.
 
Berikut rekomendasi bukit dan juga gunung yang indah banget jika dapat di optimalkan potensinya:
 
Mbanyon
Bukit Mbanyon Widoro
Bukit mbayon sudah tidak asing lagi di telinga kita, bukit yang cukup mudah dijangkau ini menyuguhkan pemandangan laksana negeri atas awan di pagi hari. Dari atas sini kita juga bisa menikmati indahnya pemandangan sawah dan juga atap atap rumah yang berjajar rapi.

Bukit Gembes
Bukit Gembes Munjungan
Bukit gembes merupakan sebuah bukit yang dilewati jalan tembus dari kecamatan Munjungan menuju kecamatan Dongko. Dari bukit ini kita bisa menikmati indahnya bentang pantai Blado munjungan yang terkenal sebagai icon kecamatan Munjungan. Belum  lagi masyarakat sudah menyiapkan sebuah gardu pandang untuk bisa menikmati pemandangan ini dengan leluasa.
 
Bukit Pemancar
Bukit Pemancar
Di sebut bukit pemancar karena di aera ini dulunya terdapat stasiun pemancar TVRI yang bertugas memancarkan berita di wilayah Trenggalek. Pada era 90an bukit ini sangat ramai di kunjungi oleh warga lokal sebagai tempat wisata bukan lain karena bukit ini menyuguhkan pemandangan indah terutama untuk menikmati sunset dan juga sunrise yang terlihat dengan sangat jelas di kawasan bukit ini.
 
Gunung sepikul
Gunung Sepikul
Siapa yang tidak kenal dengan gunung yang satu ini, gunung yang memiliki tebing tertinggi di jawa timur ini kerap menjadi kunjungan bagi para pecinta panjat tebing. Gunung yang kini telah di kelola pihak swasta ini kini telah menyajikan cara mudah untuk menikmati panjat tebing yakni dengan menyediakan jalur via ferrata atau  tangga besi pada jalur panjat tebing.
 
Perlu di ketahui bahwa via ferrata gunung sepikul ini merupakan jalur yang kedua di Indonesia setelah gunung Parang dan merupakan jalur pertama kali yang ada di Jawa Timur. Tentunya hal ini sangat membanggakan bagi kota Trenggalek namun bagi yang ingin menikmati jalur ini harus merogoh kocek sekitar rp 150.000  – rp 250.000, sebuah harga yang sangat murah bukan apa lagi sebagai gantinya kita bisa menikmati indahnya pemandangan dari atas tebing.
 
bukit tunggangan
Bukit Tunggangan
Gunung Tunggangan atau yang dikenal dengan bukit paralayang merupakan sebuah bukit yang berada di jajaran pegunungan rajekwesi. Bukit ini semakin terkenal pasca terlaksanaya event tingkat provinsi yakni lomba kejurda paralayang.
 
Pembangunan bukit ini cukup memakan banyak biaya karena harus membuat jalan di atas batuan cadas dengan bantuan alat berat. Alhasil sebuah jalan menanjak pun tercipta guna memudahkan para pengunjung yang datang. Pada tiap akhir pekan bukit ini kerap menjadi ajang latihan bagi para atlit gantole dan juga paralayang guna persiapan untuk menghadapi lomba, hal ini kerap dimanfaatkan warga sekita sebagai tontonan gratis yang cukup menghibur.
 
Prongos rumah kayu
Gunung Prongos
Yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi meskipun kabarnya telah sirna tenggelam bumi, gunung prongos memang sempat terkenal dan viral beberapa tahun lalu lewat ide cemerlang dari salah satu komunitas yang dengan nekat membangun sebuah rumah pohon di atas pinus. Lokasi yang strategis dan juga di dukung oleh udara nan sejuk membuat gunung bekas tambang ini lengsung viral hanya dalam beberapa hari.
 
Sayangnya kendala jalan yang super terjal dan berlumpur saat musim hujan, serta kurangnya minat dari pihak pengelola untuk menutupi kekurangan tersebut membuat para pengunjung perlahan lahan meninggalkan wisata gunung ini hingga akhirnya kembali menjadi tempat yang sepi dan sunyi.
Rumah kayu yang tidak terawat dan juga gapura yang ada pun mulai melapuk dan berbahaya untuk di naiki lagi. Namun meski begitu masih ada segelintir muda mudi yang tetap berkunjung entah dengan tujuan apa.
 
Gunung manikoro
Gunung Manikoro
Gunung yang menjulang tinggi di jala raya kampak munjungan ini kerap menyita perhatian publik karena bentuknya yang kokoh dan terjal. Banyak para pendaki yang sudah menaiki gunung ini dengan petunjuk dari warga sekitar.
 
Meski belum di optimalkan sebagai wisata pantat tebing namun sudah banyak pihak yang melirik untuk mengelola gunung manikoro menjadi lokasi wisata andalan, mengingat di bawah gunung ini juga mengalir sungai dengan arus deras yang jernih sangat cocok untuk rafting atau arung jeram.
 
Gunung Ja'as
Gunung Ja’as
Gunung jaas atau yang dikenal dengan hutan kotanya merupakan sebuah gunung yang berada di jantung kota Trenggalek. Lokasi yang kini dikelola oleh Pemda semakin menarik dengan adanya beberapa koleksi fauna lokal seperti kijang, landak, merak dll.
 
Untuk masuk ke lokasi ini pengunjung masih di bebaskan biaya masuk alias gratis, namun sebagai gantinya pengunjung harus membayar biaya parkir rp 2000 saja. Di hutan kota gunung ja’as pengunjung bisa menikmati aneka jajan lokal dan juga menyewa kuda untuk sekedar berkeliling di sini. Bagi yang punya nafas panjang kalian juga bisa menapaki gunung jass dan menikmati indahnya kota Trenggalek dari gardu pandang yang cukup tinggi.
 
Gunung Kenong
Gunung ini merupakan bekas tambang kapur yang sudah lapuk dan hanya menyisakan satu puncak bukit kapur kecil yang cukup indah. Yang menjadikan gunung ini indah adalah bentang pandang  180* tanpa ada satu gunung yang menghalangi pemandangan. Dari atas sini kita bisa menikmati megahnya gunung slwae yang berada di kecamatan Karangan.

Meskipun secara administrasi wilayah ini masuk dalam kawasan desa timahan Kecamatan kampak, namun letaknya berada persis di perbatasan antara Kampak dan Karangan yang membuat gunung ini menjadi primadona saat malam tiba terutama pada saat berlansung festival kembang api hari jadi Trenggalek banyak warga setempat yang lebih memilih menikmati indahnya kembang api dari gunung ini.

Kesemua tempat yang sudah di bahas di atas adalah Rekomendasi Wisata Bukit Dan Gunung di Trenggalek Yang Indah Banget bukan. Tentunya masih banyak lagi wisata gunung dan bukit yang belum ter ekspose dan dikenal oleh publik. Semoga referensi Wisata Bukit Dan Gunung di Trenggalek Yang Indah Banget di atas dapat membantu sobat pembaca menentukan jadwal liburan di akhir pekan.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rekomendasi Wisata Bukit Dan Gunung di Trenggalek Yang Indah Banget"

Post a Comment