Gunung Gadung Kampak “Wisata Hutan Desa Yang Indah Dan Penuh Sejarah”


Gunung gadung merupakan sebuah gunung kecil yang berada tepat di jalan raya Kampak Munjungan tepatnya sebelah utara balai desa Bedoagung. Gunung gadung yang secara admistrasi masuk dalam wilayah desa Bendoagung kecamatan Kampak ini juga mulai di kelola menjadi sebuah wisata hutan desa yang sejuk dan asri.

Lokasinya bisa dibilang cukup strategis yakni berada di dekat perkampungan dan juga area persawahan membuat gunung gadung mampu menyuguhkan pemandangan apik khas suasana pedesaan dari atas puncaknya.

Pada tiap tanggal 17 Agustus di gunung gadung selalu di kibarkan bendera sang saka merah putih pada bagian puncaknya. Tak lain dan tak bukan ternyata hal ini dilakukan sebagai bentuk pernghormatan pada para pejuang kemerdekaan yang telah berkorban jiwa raga untuk mengusir penjajah.

Pada masa perang kemerdekaan di kecamatan Kampak sendiri pertempuran juga tidak bisa dihindarkan, salah satunya adalah di desa Bendoagung dimana para pejuang menggunakan gunung gadung yang di pandang memiliki lokasi strategis menjadi benteng pertahanan dan menembaki para penjajah dari atas.
Hutan Desa Gunung Gadung Kampak
Cerita ini memang real terjadi dan sudah menjadi cerita sejarah desa yang secara turun temurun di ceritakan oleh para para sesepuh desa. Selain menyimpan cerita sejarah kemerdekaan gunung gadung juga mempunyai sebuah cerita mistis seputar sosok seorang putri cantik jelita yang bernama putri gunung gadung. Konon cerita dari gunung gadung ini jugas masih berkaitan dengan legenda putri ngerit yang sudah terkenal itu.

Pembagunan gunung gadung menjadi wisata hutan desa tak lepas dari kesungguhan pihak perhutani sabagai pemegang kuasa lahan perhutanan dalam mengembangkan potensi wana wisata yang ada pada tiap daerah. Konsep hutan desa pada gunung gadung dirahapkan membuat masyarakat sekitar menjadi lebih sadar dan peduli akan lingkungannya.

Meskipun pembangunan belum seutuhnya selesai namun animo masyarakat yang tinggi membuat lokasi wisata hutan desa gunung gadung selalu di kunjungi pada tiap pagi dan sore. Tak hanya muda mudi namun banyak oran tua yang berkunjung ke sini sekedar untuk melepas penat atau menikmati oksigen murni dari rindang pepohonan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gunung Gadung Kampak “Wisata Hutan Desa Yang Indah Dan Penuh Sejarah”"

Post a Comment