Pesona Kolam Alam Di Atas Tebing (Kedung Khayangan-Jurug Puring)


Jurug ini bernama jurug puring merupakan sebuah jurug kecil yang berada di desa Ngrayung Kecamatan Gandusari Trenggalek, sebuah jurug yang mungkin kurang begitu terkenal dan terpublikasikan keindahnnya. Bahkan saya sendiri pun sebagai warga lokal yang  sering melihat jurug ini dari keajauhan hanya bisa berkata dalam hati seperti apa sih bentuk dan keindahannya ?. Karena selama ini memang belum ada kesempatan untuk kesana serta belum ada juga yang memancing keinginan saya dengan memperlihatkan foto foto keindahan jurug ini kepada saya. 
Jurug tampak dari jauh (foto by tukangdolantrenggalek.com)

Dan akhirnya setelah sekian lama menyimpan tanya akan keindahan dari jurug ini,  datang juga lah  kesempatan itu pada saya untuk mengujungi  jurug puring ini bersama teman teman. Setelah berunding tentang hari dan waktu untuk dolan bareng akhirnya kami pun mencapai sebuah kesepakatan. Lalu perjalanan kami pun kami mulai di sebuah sore hari yang cerah. Untuk menuju lokasi jurug puring ternyata sangat lah mudah, tidak seperti apa yang terbayangkan sebelumnya. 
Berendam di kolam alam

Kita tidak perlu berjalan kaki terlalu jauh untuk menuju lokasi jurug puring, karena  jarak jurug dan tempat lokasi parkir sepeda motor hanya sekitar 1 km saja. Setelah melewati beberapa jalur sungai dan menanjaki bukit kecil akhirnya sampai juga pada lokasi bagian bawah jurug puring. Secara struktur jurug puring mempunyai dua cucuran air yaitu pada bagian atas dan pada bagian bawah. Namun ada satu hal yang sangat menarik dari jurug ini karena ternyata pada bagian atas dari jurug ini mempunyai sebuah kedung kecil yang sangat indah serta mirip seperti pemandian  dewi dewi khayangan dalam cerita dongeng dan imajinasi.
Tampak pemandangan dari atas kedung khayangan

Saya sendiri pun juga sempat tidak percaya bahwa ternyata jurug yang selama ini terlihat dari jalan raya gandusari watulimo ini memiliki keindahan yang spesial yaitu pada kedungnya yang berada di atas tebing curam. Dan bukan hanya itu saja, dari kedung kecil yang berada di ketinggian sekitar 10 meter dari tanah  ini terlihat jelas pemandangan yang ada di bawah.  Bahkan kita bisa melihat barisan pegunungan dan rumah rumah penduduk sekitar sungguh indah seperti berada di khayangan. Tak salah jika kedung ini kami sebut sebagai kedung khayangan, hemm bayangkan seperti apa pemandanganya ketika sunset dan sunrise terlihat pasti akan sangat indah sekali.
Mau mandi foto dulu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pesona Kolam Alam Di Atas Tebing (Kedung Khayangan-Jurug Puring)"

Post a Comment