Juruk Dam Dongko “Juruk yang Tersembunyi Dalam Belukar Jalan Raya”


Kecamatan dongko memang terkenal dengan keindahan alam pegunungannya banyak terdapat goa dan juga air terjun/ juruk yang menunggu untuk di kunjungi para traveller. Salah satunya adalah jurug dam , jurug dengan tebing batuan yang bewarna coklat kemerahan ini sekilas mirip dengan coban wonoasri yang ada di kecamatan munjungan.

Jurug dam yang tidak begitu tinggi ini mempunyai salah satu kelebihan yakni sebuah kolam kecil berukuran sekitar 4 x 5 meter dengan kedalaman yang cukup fantasis. Bisa di bilang fantastis karena ketika hendak mencoba menjeburkan diri salah seorag rekan saya menggunakan galah bambu yang panjangnya sekitar 4 meter untuk mengukur kedalaman air di sini. Namun ternyata bambu tersebut belum mampu menyentuh dasar dari kolam juruk dam ini.
Kolam juruk dam
Setelah dirasa aman akhirnya satu persatu teman saya memutuskan untuk berenang dan menikmati segarnya air dari jurug dam ini. Bahkan beberapa kali sempat melakukan aksi salto dan melompat dari tebing sekitar. Sebenarnya lokasi menuju jurug ini sangatlah mudah dan terjangkau hanya saja semak dan alang alang yang menutupi jalan alternatif kampak-dongko inilah yang membuat jurug dam hanya terlewati begitu saja. 

Terlekak di aliran sungai keser perbatasan kampak dongko tepatnya sebelum lokasi bekas persemaian pinus keser jalan setapak pada bahu kiri jalan. Selain keindahan pada juruk dam lokasi sekitar juruk juga menyuguhkan pemandangan yang sangat indah pada bagian bawahnya. Menyusur sungai lebih bawah lagi kita akan menyaksikan puluhan jalur air dari celah batu dan semak semak yang bermunjulan seperti grojokan sewu yang sangat rugi jika tidak di jepreet dengan kamera.
Grojokan sewu juruk dam
Namun pemdangan seperti itu hanya bisa kita abadikan setahun sekali saja saat musim penghujan dimana curah hujan sedang tinggi tingginya. Pada saat musim kemarau tiba jurug dam bisa di bilang berubah 180* pemandangannya hal ini utamanya bukan karena air yang semakin sedikit tapi lebih pada sampah yang berserakan di setiap batuan. Akibat masih kurang sadarnya perilaku masyarakat sekitar yang buang sampah di sungai keindahan alam terkadang menjadi korban.






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Juruk Dam Dongko “Juruk yang Tersembunyi Dalam Belukar Jalan Raya”"

Post a Comment