Waspada Gejala Paranoid dan Cara Mengatasinya


Paranoid atau yang dalam istilah medis kerap di sebut Paranoia merupakan sebuah kelainan psikosis yang berkembang dengan perlahan lahan ditandai dengan waham yang menetap, tidak bisa diubah. Sistematis dan  menpunyai alasan alasan yang masuk akal, dimana hal tersebut dapat memicu ketakutan yang berlebih terhadap sesuatu.

Umumnya paranoid disebabkan oleh keadaan psikologis antara lain:
  • Ambisi yang besar, tetapi tidak bisa tercapai, frsutasi
  • Ingin melindungi kepribadian dari kecenderungan lain “impulse’ yang tidak disukai
  • Rasa bersalah berlebih
  • Trauma akan kejadian di masa lalu
Factor penyebab di atas biasanya sering di temukan pada keluarga dimana salah satu orang tua bersikap terlalu otoriter, keras, kasar dan mengekang. Hal ini perlahan akan menimbulkan rasa kebencian pada orang tua tersebut secara perlahan lahan . Tipe paranoid yang paling sering di temui dalam masayarakat adalah penderita yang suka mendakwa orang lain, keras kepala, dan terlalu berpegang teguh pada kebenarannya.

Penanggulangan
Penanggulangan bisa dilakukan dengan cara membawa ke psikiater di rumah sakit terdekat.konsultasi rutin tentang kejiwaan sangat membantu si penderita dalam mencegah hal hal yang lebih parah lagi. Untuk keluarga jangan terlalu mengungkit perasaan yang membuat merasa malu atau tertekan, komunikasi dan saling keterbukaan sangat di perlukan oleh satu sama lain.

Selain membawa ke psikiater peran keluarga juga sangat penting dalam membantu porses penyembuhan yang sedang berjalan. Misal saja dengan selalu mencoba memahami apa yang di alami si penderita dengan tidak lagi mengungkit ungkit hal yang bisa membuat penderita malu atau memicu perilaku emosional lain.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspada Gejala Paranoid dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment