Makanan Yang Harus di Hindari Bagi Penderita Hipertensi


Darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit yang hampir di derita oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Penyakit yang selalu di awali dengan rasa pusing dan ngilu di kepala ini kerap menjadi momok yang menakutkan bagi penderitanya terutama bagi mereka yang sudah berumur 50 tahun keatas. 

Dalam beberapa kejadian penderita yang sedang kambuh darah tingginya dan terjatuh bisa saja langsung menderita stroke atau lumpuh sementara pada bagian tubuh tertentu. Oleh karena itu banyak cara di lakukan agar darah tinggi ini tidak kambuh antara lain dengan cara menghindari konsumsi makanan yang dapat memicu kambuhnya darah tinggi antara lain:

1. Sate kambing
Makanan lezat yang satu ini ibarat musuh utama bagi para penderita darah tinggi. Dalam setiap 100 gram daging kambing terkandung 27 gram protein, 143 kalori, zat besi  namun kandungan yang peling tinggi dalam daging kambing adalah kolesterolnya yang sebesar 75 mg. Tak heran jika terlalu banyak mengkonsumsi daging kambing bisa menyebabkan pusing dan juga memicu kadar asam urat dalam tubuh.
 

2. Buah Durian
Buah yang terkenal dengan aroma dan rasanya yang nikmatnya ini kerap membuat penderita darah tinggi lupa diri. Hampir sama dengan danging kambing, buah ini juga memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi. Selain itu kandungan alcohol buah durian juga tak jarang bisa membuat para pecintanya mabuk durian. Namun bagi yang tidak mempunyai riwayat hipertensi mengkonsumsi buah durian sangat baik bagi tubuh, karena kaya akan vitamin C yang baik dalam menangkal radikal bebas. 

3. Sayur Bayam
Sayur bayam kaya akan kandungan zat besi bagi tubuh, zat besi sangat bagik untuk penderita anemia atau kekurangan darah. Namun bagi penderita hipertensi sayur bayam bisa menjadi momok yang menakutkann, karena bisa memicu rasa pusing berlebih akibat terlalu banyak mengkonsumsi sayur ini. 

5. Daun singkong
Sayur daun singkin memiliki khasiat yang hampir sama dengan daun bayam. Terlalu banyak mengkonsumsinya juga dapat memicu timbulnya hipertensi.
 
4. Garam
Penggunaan garam sebagai bumbu masak juga kerap memicu naiknya hipertensi, sifat garam yang larut dalam air menjadikan garam cepat menyatu dalam aliran darah. Sehingga darah yang seharusnya dalam kondisi normal berbentuk encer bisa menjadi agak mengental akibat kandungan garam yang berlebih. Hal ini tentu akan mempengaruhi laju peredarah darah keseluruh pembuluh darah.
 




Darah tinggi yang berkepanjangan bisa memicu terjadinya gelaja stroke ringan, memang penyakit yang satu ini susah susah gampang di tangani. Ketenangan pikiran, serta lingkungan menjadi salah satu kunci utama dalam menjaga kesetabilan tensi darah, tentunya selain itu juga dengan menghindari jenis makanan di atas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan Yang Harus di Hindari Bagi Penderita Hipertensi "

Post a Comment