Tips Jitu Memilih Buah Durian Biar Ngak Kena Tipu


Buah durian memang sudah terkenal akan kenikmatan rasanya di kalangan lidah orang asia. Tak heran jika buah berduri tajam dan memiliki aroma khas ini dinobatkan menjadi king of fruits atau rajanya buah. Karena selain harganya yang cukup mahal sensasi kenikmatan buah durian juga bakal bikin lidah kita nagih terus.

Membeli buah durian di pinggir jalan terutamanya yang hendak di konsumsi di rumah sebagai pembeli kita juga harus jeli dan teliti. Jangan sampai buah yang sudah mahal ini ternyata rasa dan kualitasnya tidak sepadan dengan uang yang sudah kita keluarkan.
 
Nah pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba berbagi tips untuk memilih buah durian yang baik., agar dapat meminimalisir rasa kecewa kita terhadap si buah durian.  

Aroma buah
Aroma pada buah durian menjadi kunci utama pada saat kita hendak memilih durian, tak jarang banyak pembeli yang mengendus dan menempelkan hidung mereka ke kulitnya yang tajam berduri. Dari aroma ini kita bisa tahu apakah durian ini sudah masak atau belum. Namun teknik ini terkadang masih menjumpai kendala dimana dengan  banyaknya durian yang menumpuk akan membuat penciuman kita tersamar oleh bau dari durian lain.
 
Durian retak
Jangan memilih durian yang sudah retak
Sering kali kita melihat banyak durian yang bokongnyan sudah terbuka, hal ini menandakn si durian sudah benar benar matang. Namun biasanya durian yang sudah retak bagian bawahnya ini akan segera hilang kekuatan aroma dan manisnya. Hal ini akan berpengaruh pada kualitas rasa dan daging buah durian dimana biasanya rasanya akan sedikit hambar dan suhu si buah tidak lagi hangat seperti dalam keadaan tertutup. Pengecualian jika durian retak ini baru saja panen dari pohon dan retaknya akibat jatuh.
 
Pilihlah tangkai buah yang masih segar
Tangkai pada buah durian juga  bisa menjadi patokan untuk melihat apakah durian itu sudah lama atau masih baru di panen. Jika durian sudah lama maka tangkai akan cenderung keriput dan juga layu. Berbeda dengan durian yang baru saja di panen, tangkainya akan lebih besar dan segar dan pastinya buah duriannya juga lebih nikmat.
 
Noda pada durian
Jangan memilih durian yang berlubang/ memiliki titik hitam pada kulit
Durian yang memiliki lubang kecil hitam pada kulit biasanya dagingnya sudah terserang oleh belatung atau hama. Mungkin dari luar terlihat tidak begitu parah namun kebanyakan jika dibelah pada bagian bilik yang berlubang tadi sudah rusak semua dan tidak bisa dimakan. Pada kasus yang lebih  parah kerusakan ini akan menyebar dan meninggalkan noda warna coklat pada bagian buah lain sehingga buah yang tercemar ini rasanya tidak enak lagi. Biasanya penjual akan memaksakan untuk membeli durian seperti ini namun tidak ada salahnya juga di coba asal dengan kesepakatan di makan di tempat dan mendapat ganti rugi jika buahnya busuk.
 
Garuklah kulit durian
Menggaruk kulit durian dengan kunci motor atau benda keras lain juga bisa memprediksi tingkat kematangan buah tersebut. jika durian matang maka suaranya akan hampir sama seperti bunyi buah nangka yang telah matang .
 
Permukaan durian yang cembung / melengkung
Pilihlah durian dengan bentuk yang agak cembung / melengkung pada tiap biliknya
Durian yang miliki bentuk cembung pada tiap biliknya kebanyakan meiliki daging yang lebih tebal dan juga banyak. Berbeda dengan durian yang hanya berbentuk bulat atau lonjong saja.
 
Pilihlah yang kecil namun banyak
Duruian dengan tekstur kecil kebanyakan di abaikan begitu saja. Kebanyakan para pembeli langsung melirik pada buah yang besar saja, padahal yang kecil ini belum tentu juga tidak manis dan juga tidak tebal. Keuntungan membeli durian kecil adalah harganya lebih murah dan terkadang bisa dapat lebih banyak dari pada durian yang besar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Jitu Memilih Buah Durian Biar Ngak Kena Tipu"

Post a Comment