Mengenal Daun-daun Dengan Manfaat Istimewa


Nusantara memang dikenal dengan berbagai macam tumbuhan yang dapat di jadikan obat atau ramuan tradisional. Tak heran jika teknik pengobatan kuno/tradisional di Indonesia sudah sangat terkenal dari zaman dulu. 

Daun-daun dengan manfaat istimewa yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit ini sudah dipercaya dan teruji oleh waktu tentang khasiatnya. Apa saja daun daun tersebut, yuk kita ulas bersama sama dan siapa tahu dedaunan tersebut ada di sekitar lingkungan kita.
 
Daun sirsak
Daun yang memilik bau agak langu ini dikenal sebagai ramuan obat untuk mencegah  kanker,kandungan acetogenin pada daun ini di percaya dapat mencegah kanker lebih baik dari pengobatan kemoterapi. selain itu daun sirsak juga dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati beberapa penyakit seperti kolestertol, asam urat dan darah tinggi.
 
Daun kelor
Daun kelor di kenal memiliki kekuatan mistis oleh orang jawa, namun selain itu daun dengan tekstur kecil bula ini juga memiliki kandungan protein nabati yang sangat tinggi. Daun kelor kini juga sudah mulai diolah untuk menjadi bahan makananan dan juga minuman seperti teh.
Kandungan antioksidan dan kolagen pada daun kelor sangat baik untuk mencegah atau menyembuhkan beberapa penyakit antara lain dapat mengatasi diabetes, mencegah kanker, menyehatkan mata dan juga sariawan.
 
Daun Binahong
Daun binahong memiliki tekstur hampir sama dengan daun sirih, namun daun yang satu ini memiliki bentuk yang sangat lunak dan banyak mengandung air.
 
Daun binahong memiliki kandungan senyawa Saponin yakni zat senyawa aktif yang menyerupai sabun, zat ini mempunyai sifat anti bakteri, anti mikroba dan anti virus serta kolagen. Senyawa inilah yang membuat binahong dipercaya dapat mengobati luka pada kulit dan menyembuhkan jewarat.
 
Daun sirih
Tanaman merambat dengan nama latin piper betle ini memiliki berbagai macam khasiat yang luar biasa. Pada zaman dahulu daun sirih kerap di gunakan dalam berbagai upacara adat istiadat, bahkan daun merambat ini kerap digunakan oleh putri putri raja pada zaman dahulu untuk merawat kesehatan organ intim mereka.
 
Daun sirih yang kaya akan minyak terbang ( betlephenol) seskuiterpen, pati, zat samak dan kavinol ini juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit antara lain, biduran, asam urat, gatal-gatal,sariawan, keputihan dll.
 
Daun Salam
Daun yang satu ini di kenal sebagai tambahan dalam bumbu masak. Namun selain berfungsi sebagai penyedap rasa alami daun salam juga mengandung berbagai senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh antara lain: 
  • Antioksidan. Kandungan antioksidan pada daun salam mampu untuk mengobati beberapa penyakit.
  • Rutin, salisilat, asam caffeic, dan fitonutrien. Empat kandungan tersebut diyakini mampu meningkatkan kesehatan jantung, mencegah stroke dan kanker.
  • Flavonoid. Berfungsi untuk membantu menormalkan darah penyakit hipertensi.
  • Asam laurat. Kandungan kimia asam laurat ini dimanfaatkan sebagai obat alami pengusir serangga.
  • Vitamin yang terkandung pada daun salam di antaranya vitamin A dan vitamin C
Demikianlah beberapa daun dengan khasiat yang istimewa, tentunya masih banyak lagi daun daun dengan khasiat yang menakjubkan di luar sana. Semoga informasi ini bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Daun-daun Dengan Manfaat Istimewa"

Post a Comment