Ada Yang Unik Dari Penemuan Arca Dwarapala di Situs Adan-Adan Kediri


Kediri : Situs purbakala Desa Adan-Adan Kecamatan Gurah kembali membuat geger dunia arkeologi nasional, pasalnya baru baru ini disitus tersebut kembali ditemukan sebuah arca Dwarapala pada lokasi galian dengan kedalam 2,5 meter. Penggalian yang dilakukan selama empat hari di kawasan kebun durian milik Bapak Syamsudin ini telah membuahkan hasil serta menguak secara keseluruhan lakuk tubuh dari sang arca penjaga terebut. 

Dengan telah berhasilnya digali secara keseluruhan maka tim peneliti segera melakukan pengukuran dan mendapatkan bahwa Arca ini memiliki tinggi kurang lebih 180 centi meter (cm). Perlu diketahui bahwa Sesuai dengan fungsinya sebagai penjaga bangunan suci pada masa itu biasanya arca ini letaknya tidak pernah jauh dari sebuah candi atau bangunan yang di anggap suci. 

Arca Dwarapala dalam proses penggalian (IG Budaya Kediri)
Hal ini pun di perkuat dengan apa yang dituturkan oleh para peniliti bahwa situs Adan-Adan ini adalah merupakan kawasan candi yang telah terkubur beberapa ratus tahun lalu. Bahkan sempat tersebar kabar burung jika Candi yang berada di situs Adan-Adan ini lebih besar dari situs Candi Prambanan.

Namun ada hal yang unik dari penemuan arca berwajah menyeramkan tersebut, yakni pada posisi berdiri dan caranya memegang gada. Biasanya dalam sebuah Arca Dwarapala sering ditemukan dengan posisi jongkok / duduk dan dengan gada yang di letakkan pada posisi bersandar di pundak atau di pegang dan menyandar ditanah, seperti pada Arca Dwarapala Singasari, Candi Plaosan dan situs purbakala lain. 

Menurut Narasumber Arca Dwarapala dengan posisi berdiri tegak dan gada berdiri sejajar dengan tanah ini bisa dibilang sangat langka. Selama ini Arca Dwarapala dengan posisi seperti ini hanya bisa di jumpai di kawasan Candi Penataran Kota Blitar dan Candi Padang Lawas Sumatera Utara. Dengan berhasil ditemukannya Arca dwarapla ini besar harapan dari masyarakat untuk dapat segera terkuak misteri dari bangunan bersejarah yang terkubur di dalam situs Adan – Adan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ada Yang Unik Dari Penemuan Arca Dwarapala di Situs Adan-Adan Kediri"

Post a Comment