Obesitas Dan Bahayanya Terhadap Kesehatan Sendi Lutut


Lutut merupakan salah satu bagian tubuh  yang sering di gunakan untuk menopang tubuh manusia. Cara kerja sendi lutut yang seperti sebuah ayunan berpelumas ternyata juga bisa mengalami kerusakan secara perlahan jika terus menerus menahan beban tubuh yang berat.

Selain terpicu dari membawa beban yang berat, sakit pada persendian lutut ternyata juga bisa terpicu lewat obesitas atau berat badan yang melebihi batas. Semakin berat beban yang dibebankan pada lutut maka proses pengikisan pada tempurung juga berjalan semakin cepat, terutama jika tubuh sudah memasuki usia tua.
 
Obesitas merupakan penumpukan lemak yang sangat tinggi di dalam tubuh sehingga membuat berat badan berada di luar batas ideal. Sejumlah komplikasi dapat timbul akibat obesitas, bahkan beberapa di antaranya membahayakan nyawa. 

Hal yang paling merepotkan dari obesitas dan pengaruhnya terhadap  kesehatan sendi ini adalah ketika tubuh di paksa untuk olah raga kaki, seperti berlari karena beban kerja yang di timpakan pada lutut justru akan semakin bertambah berat. Sakit persendian lutut biasanya memiliki beberapa gejala awal seperti.

  • Pembengkakan.
  • Lutut yang terasa kaku atau tidak bisa diluruskan.
  • Bunyi gemeretak pada lutut.
  • Permukaan kulit di daerah lutut berwarna kemerahan dan hangat jika disentuh.
  • Sendi lutut tidak stabil atau lemas, atau tidak bisa menahan beban tubuh.
  • Demam.
  • Perubahan bentuk pada lutut.

Jika merasakan gejala-gejala tersebut, Anda sebaiknya segera ke dokter untuk menjalani pemeriksaan. Sebagian besar sakit lutut yang terjadi dapat ditangani sendiri di rumah. Sebaliknya, ada juga beberapa kondisi yang membutuhkan penanganan medis (misalnya melalui operasi), terutama pada kasus sakit lutut yang menyebabkan nyeri berkepanjangan, kerusakan pada sendi, atau bahkan cacat jika tidak ditangani secara khusus.

Dikarenakan olah raga kaki sangat tidak di anjurkan untuk para penderita obesitas, maka untuk mengurangi berat badan tubuh disarankan untuk diet atau olah raga lain yang tidak menggunakan kaki sebagai tumpuan utama seperti renang,senam dll.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Obesitas Dan Bahayanya Terhadap Kesehatan Sendi Lutut"

Post a Comment