Ambrolnya Air Terjun Grobokan Sewu Pantai Pelang Panggul


Curah hujan yang sangat deras dikawasan kecamatan Panggul ternyata mulai berdampak pada beberapa lokasi wisata yang ada di sekitarnya, banjir, longsor, meluapnya air laut dan datangnya tumpukan sampah dari sungai sering kali menggangu akses jalan maupun tempat wisata. Tahun ini, bisa dikatakan musibah yang cukup berdampak pada kondisi pariwista di Panggul, pasalnya air terjun grobokan sewu yang dikenal sebagai salah satu icon wisata kecamatan Panggul mengalami ambrol pada bagian batuan stalaktitnya.

Air terjun yang berada pada aliran kali leri ini memang memiliki strukur tanah berkapur, tak heran jika kucuran air yang deras pada bagian atas air terjun grobokan sewu perlahan lahan menciptakan sebuah batu stalaktit yang cukup besar.


Batuan stalaktit yang telah terbentuk selama berpuluh puluh tahun serta menjadi penghias keindahan grobokan sewu ini nampakya sudah tidak lagi kuat menopang beban beratnya yang terus bertambah. Sehingga pada beberapa hari lalu stalaktit besar ini ambrol dan menggelontorkan banyak batuan besar hingga kebagian bawah.
Keindahan Grobokan sewu sebelum longsor
Kejadian ini menurut salah seorang warga sebenarnya sudah lama diramalkan bakal terjadi, penggundulan hutan pada bagian hulu membuat tiap tahun debit air di kali leri semakin meninggkat jumlah dan kecepatan arusnya tiap tahun. Selain itu, nampak pada bagian tebing grobokan sewu juga mulai mengalami pelukanan tanah. Tebing batuan kapur memang dikenal tidak bisa berdampingan cukup serasi dengan air, apa lagi jika curah air yang turun cukup deras.

Kehilangan batuan stalaktit ini tentu berdampak pada lekuk keindahan grobokan sewu yang sudah terkenal akan hiasan stalaktit dan juga sebagai sumber air yang konon katanya dapat membuat awet muda dan bebas dari beberapa gangguan penyakit. Bisa dipastikan tingkat keindahan dari grobokan sewu bakal turun menjadi beberapa persen, tentunya hal ini haruslah disikapi dengan cepat dan tepat agar dapat memberikan solusi akibat peristiwa ini agar tidak berdampak pada turunya eksistensi pengunjung di kawasan wisata kecamatan Panggul.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ambrolnya Air Terjun Grobokan Sewu Pantai Pelang Panggul"

Post a Comment