Asal Muasal Nama Durian Guru Dari Trenggalek


Buah durian memang terkenal dengan rasanya yang sangat nikmat dan juga lezat, buah yang mempunyai kulit berduri ini adalah primadona yang tak pernah redup sinarnya di antara buah buah lain.

Bagi para pecinta buah durian, berburu durian langsung dari pohon atau lokasi asal durian tersebut menjadi sebuah tantangan dan juga sensasi tersendiri yang cukup mengasyikkan.

Nah bagi bagi kamu pecinta durian yang tinggal di kota Trenggalek sudahkah pernah dengar tentang durian Guru. Jika belum pernah mendengar tentang durian ini tidak ada salahnya sobat berkunjung ke lokasi asal durian Guru yakni desa Ngadimulyo kecamatan kampak tepatnya Rt 20 Rw 06 di rumah mbah Gumbreg.

Durian yang beliau punyai ini di kenal oleh masyarakat sekitar dengan nama duren guru, tentunya ada sebab kenapa duren ini di beri julukan tersebut.

Cerita ini di mulai pada era 90an dimana mbah gumbreg selaku pemilik pohon durian setiap tahunnya hampir panen raya buah durian dari sabatang pohon durian raksasa yang berumur hampir setengah abad lebih.

Pohon durian raksasa inilah yang setiap kali panen selalu di beli oleh para guru guru PNS yang mengajar di SDN 4 Ngadimulyo. Konon pada jaman itu masyarakat sekitar belum begitu menyukai durian selain harganya yang tidak cukup terjangkau bagi masyarakat pada waktu itu.

Durian yang kerap di beli dan di konsumsi oleh guru ini akhirnya menyebar ke teman teman guru lainnya dan menjadi tempat langganan ketika musim durian tiba. Sehingga durian yang tumbuh di ladang mbah Gumbreg ini dikenal dengan sebutan durian Guru hingga saat ini.

Selain memiliki nama yang cukup unik ternyata cita rasa dari durian ini pun juga sangag berkelas sesuai dengan nama yang di sematkan oleh masyarakat sekitar. Sekilas dari bentuk luarnya durian ini memang tidak begitu besar dan kalah fisik jika di sandingkan dengan durian yang berasal dari daerah lain seperti watulima dan munjungan, namun durian guru ini memiliki teskstur daging yang tebal dan juga rasa yang manis serta legit sehingga membuat durian guru selalu di buru jika sedang musimnya.

Durian yang di hasilkan dari sebatang pohon raksasa ini mampu mengasilkan ratusan buah setiap panen. Bahkan sempat membuat geger para pemborong  buah durian yakni per satu panen di hargai senilai 7 juta rupiah, tentu harga yang sangat fantastis untuk satu kali panennya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asal Muasal Nama Durian Guru Dari Trenggalek"

Post a Comment