Kenali Gejala Keracunan Pada Tubuh Akibat Jamur

Jamur memang tumbuhan yang tergolong memiliki rasa nikmat serta sensasi kenyal jika diolah menjadi menu makanan. Tanaman jenis spora ini memang terkenal banyak jenisnya serta dapat berfotosintesis tanpa adanya zat hiaju daun.

Jamur sendiri menurut jenisnya terbagi menjadi dua golongan, yakni jamur yang mengandung racun dan jamur yang aman untuk di konsumsi. Belakangan ini banyak jamur yang sudah mulai di kembang biakkan antara lain jamur tiram, kancing, kuping dll. 

Dari kedua jenis jamur tersebut kebanyakan didominasi oleh jamur beracun yang tumbuh  di alam bebas. Salah satu ciri yang membedakannya adalah dengan bentuk atau warna yang mencolok dari si jamur, misalkan memiliki warna merah atau kuning sudah dipastikan bahwa jamur tersebut memiliki kandungan racun.

Namun masih banyak juga dialam jamur yang terkadang membuat bingung orang karena bentukya yang tidak mencurigakan. Kebanyakan jamur ini berwarna natural dan berebentuk seperti jamur jamur lainya. Hal ini yang terkadang menipu manusia sehingga dengan gegabah kerap tergiur untuk mencicipi nikmatnya jamur alam.

Keracunan pada jamur daopat dirasakan kurang lebih 30 menit setelah mengkonsumsi, tanda tanda awal adalah penolakan lambung terhadap zat yang terkandung pada jamur dengan cara memuntahkan semua isi lambung (mual). Rasa mual yang hebat ini akan terus berlangsung sampai isi makanan yang ada dalam perut terkuras habis. Bahkan semua cairan yang sudah terkumpul pada perut akan dipaksa untuk keluar.

Tak cukup hanya itu rongga mulut secara alami akan dengan cepat mengeluarkan banyak ciran ludah, cairan ludah ini jika ditelan yang membuat tubuh serasa ingin terus muntah. Selang beberapa menit setelah muntah tahap pertama, kepala akan mulai merasakan rasa pusing yang berat, hal ini tentu semakin menambah derita dari si korban.

Butuh waktu kurang lebih sekitar dua jam untuk dapat kembali normal dengan perlahan tentunya. Yang pasti terus konsumsi air putih atau air kelapa jika ada meski tubuh akan terus melakukan penolakan. Jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi karena mual berat akibat keracunan tersebut.
Rata rata semua tanda keracunan akibat jamur adalah sama, namun tergantung juga dengan  jenis jamur yang disantap. Semakin berbahaya jenis jamur maka bukan hanya gejala keracunan yang ditimbulkan namun juga dapat menyebabkan kematian.

Jika tanda tanda keracunan di atas, baik pusing atau mual berlebih tidak segera hilang dalam jangka waktu maksimal 1 jam setalah muntah, atau tidak ada perubahan membaik maka sangat di anjurkan untuk segera dibawa kerumah sakit atau puskesmas terdekat agar mendapat pertolongan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenali Gejala Keracunan Pada Tubuh Akibat Jamur"

Post a Comment