Membangun Kecamatan Panggul Sebagai Sentra Wisata Pesisir Selatan


Tidak bisa dipungkiri jika potensi wisata yang ada di Kecamatan Panggul memang sangatlah indah, banyak sekali jajaran pantai yang tidak kalah mempesona dari wilayah lain jika di maksimalkan pengelolaan serta penataannya. Salah satunya adalah pantai pelang di desa Wonocoyo yang terkenal akan keindahan pulau serta air terjun grobokan sewunya. Tidak heran jika pantai satu ini kerap digadang-gadang sebagai kembarannya pantai tanah lot yang ada di pulau Bali. Belum lagi dengan pantai kili kili yang merupakan pusat konservasi Penyu satu-satunya di wilayah kabupaten Trenggalek.

Selain dari pada poteni di atas letak kecamatan Panggul yang strategis pula, yakni berbatasan langsung dengan kota Pacitan membuat Panggul sangat layak di bangun sebagai sentra wisata Kota Trenggalek utamanya wilayah pesisir selatan. Pacitan yang kini juga telah menyulap diri menjadi icon wisata pesisir selatan juga memberikan dampak secara tidak langsung pagi kecamatan Panggul yang dimana mau tidak mau banyak pelancong yang harus melewati jalur lintas selatan yang menghubungkan Panggul dan kota Pacitan. Dimana hal ini diharapkan mareka para pelancong sudi untuk singgah sebentar guna mengunjungi beberapa obyek wisata di Panggul.

Misi membangun Panggul sebagai sentra wisata ini pun perlahan mulai terealisasi dengan mulai dibangunnya beberapa insfrastruktur dan sarana penunjang lain seperti ruko seputaran air terjun grobokan sewu, gardu pandang yang ada di tebing pantai pelang serta di bangunnya alun alun sebagai icon kecamatan Panggul yang dimana alun alun tersebut tidak pernah sepi setiap malam minggu tiba.
Ruh dari kecamatan ini mulai nampak hidup seiring dengan berjalannya proses pembangunan JLS yang kini sudah mulai menghubungkan kecamatan ini dengan Munjungan.

Diharapkan dengan selesainya pembangunan Jalur lintas selatan maka kecamatan yang berada dilokasi pesisir seperti Panggul, Munjungan dan Watulima dapat bersinergi menjadi kekuatan wisata baru yang dapat bersaing dengan tempat wisata lain yang ada di pesisir pantai selatan.

Program penetapan panggul sebagai sentral wisata di mulai sejak kunjungan Bapak Bupati Emil Dardak beberapa tahun lalu. Dimana dalam sebuah pernyataannya beliau sangat berkeinginan mengembangkan potensi wisata di kecamatan ini dengan mengucurkan dana segar untuk membangun beberapa fasilitas baru guna mendukung performa serta eksistensi dari kecamatan Panggul utamanya pada ranah pariwisata di Jawa Timur.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membangun Kecamatan Panggul Sebagai Sentra Wisata Pesisir Selatan"

Post a Comment