Candi Singosari (Menengok Masa Kejayaan Singosari)

Peninggalan sejarah

Siapa yang tak kenal dengan kerajaan Singosari salah satu kerajaan besar yang dulu pernah jaya dan berkuasa di tanah jawa ini membuat saya penasaran sekali untuk mengunjungi dan melihat secara langsung beberapa situs peninggalannya yang sekarang masih tersisa. Saya pun mulai mencari informasi di internet dan muncul lah beberapa nama candi dan situs bersejarah lain pada masa peradaban kerajaan singosari yang masih ada, salah satunya yang membuat saya tertarik adalah candi Singosari.

Candi tampak dari halaman luar
Menurut wikipedia Indonesia Candi Singosari adalah sebuah candi yang terbuat dari batuan andesit dengan lebar 14 x 14 meter dan tinggi 15 meter di sertai dengan berbagai relief dan beberapa patung di sekitar halaman candi membuat candi ini terlihat sangat megah dan mengagumkan. Candi yang di bangun untuk tempat pendharmaan raja singosari terakhir yaitu raja Kertanegara yang meninggal akibat serangan dari tentara gelang gelang yang dipimpin oleh Jaya katwang ini berlokasi tepat di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten malang.

Deratan arca dan benda sejarah lainnya
Candi hindu-budha ini memiliki halaman yang luas dan tertata rapi, di sisi candi juga terdapat beberapa deretan arca dan benda peninggalan sejarah lainnya. Di salah satu sisi halaman candi singosari juga terdapat sebuah tanaman yang sangat terkenal yaitu buah maja. Buah maja sendiri adalah buah dengan bentuk yang mirip seperti jeruk bali, namun terkenal dengan rasanya yang sangat pahit. Konon dari buah maja yang berasa pait inilah nama kerajaan majapahit berasal.

Buah maja yang terkenal akan pahit nya
Obyek wisata sejarah ini pun ternyata masih sering di kunjungi oleh banyak pengunjung. Hal ini dapat saya lihat dari buku daftar tamu yang berda di pos penjaga candi. Menurut petugas penjaga candi kebanyakan para pengunjung kesini untuk melakukan studi banding, ritual ke agamaan, melakukan penelitian ataupun sekedar berfoto dan menikmati kemegahan candi.

Salah satu arca di halaman candi
Di pos penjaga candi singosari ini juga menyediakan buku cerita tentang sejarah dan asal usul candi Singosari. Lewat buku sejarah ini diharapkan para pengunjung dapat belajar dan mengenal tentang kekayaan serta keragaman Nusantara pada masa lampau.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Candi Singosari (Menengok Masa Kejayaan Singosari)"

Post a Comment