Candi Sumberawan ( Candi Unik Dengan Bentuk Stupa )


Sumber awan
Tempat bersuci sebelum beribadah di candi
Candi sumberawan merupakan sebuah candi kecil yang berada di DesaToyomarto Kecamatan Singosari. Tepatnya berada kurang lebih 6 km dari candi singosari. Candi sumberawan  ini memiliki bentuk yang unik yaitu hanya  berbentuk stupa tunggal saja tanpa memiliki relief seperti yang terdapat pada candi candi lain. Bentuk candi sumberawan hampir mirip sekali dengan stupa yang ada di candi Borobudur menandakan kalau candi sumberawan sebagai candi dengan corak agama budha.
Sisa sisa bagian candi

Candi yang terbuat dari batuan andesit ini ditemukan pada zaman penjajahan Belanda 1904 dan dilakukan pemugaran pada tahun 1937 pada bagian kaki candi. Namun karena terjadi suatu kendala dalam menemukan bentuk asli candi, maka pemugaran pada candi tidak pernah selesai dan hanya menyisakan bagian puncak candi saja yang belum terpugar. Menurut data yang ada candi sumberawan  ini merupakan satu satunya candi dengan bentuk stupa yang ada di Provinsi Jawa Timur. 
Candi Sumberawan

Candi sumberawan dulu nya bernama kasurangganan hal ini tertulis pada kitab Negarakertagama dan merupakan salah satu tempat yang pernah di singgahi oleh raja majapahit yang terkenal yaitu Hayam Wuruk pada tahun 1359 masehi . Nama Sumberawan sendiri di pakai kareana lokasi candi ini berada di tepi rawa dengan mata air yang terus mengalir sepajang musim hal ini dapat di lihat dengan adanya kolam besar sebagai penampungan air yang ada di lokasi candi.
Kolam bekas pemandian pada jaman dulu
Kolam penampungan air di kawasan candi

Kawasan wisata sejarah ini termasuk ramai di kunjungi oleh para pengunjung, apa lagi jika pada hari hari ke agamaan tertentu.  Banyak para pengunjung yang ingin beribadah, melakukan ritual atau sekedar melihat-lihat di kawasan candi sumberawan ini. Bahkan lokasi ini juga sering di jadikan sebagai bumi perkemahan untuk melakukan kegiatan kepramukakaan  oleh lembaga-lembaga pendidikan yang berada di kota Malang.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Candi Sumberawan ( Candi Unik Dengan Bentuk Stupa )"

Post a Comment