Menengok Sejarah Trenggalek Di Museum Mini


Kota Trenggalek dengan berbagai cerita  sejarahnya masih menyimpan banyak misteri-misteri yang masih belum terkuak oleh public. Banyak sekali peningalan-peningalan sejarah yang berserakan di luar sana yang belum dipelajari dan diteliti lebih lanjut lagi, seperti di candi brongkah dan kawasan situs purbakala gunung jompong. Namun dari beberapa benda peninggalan sejarah ada beberapa benda sejarah yang telah berhasil di kumpulkan dan di simpan di kawasan halaman pendapa Trenggalek.

Tidak banyak memang namun dengan adanya benda peninggalan berbentuk prasasti dan arca ini kita bisa tau bahwa pada masa lampau memang kota ini memiliki peradaban yang sudah cukup maju. Memang tak mudah untuk mengumpulkan benda sejarah ini, selain dari factor mistis yang kerap menghantui seperti sebuah cerita horor tentang sebuah arca yang tiba tiba saja hilang dari muesum mini dan kembali ketempat asal di ambilnya, tentu hal tersebut terdengar tidak masuk di akal namun cerita ini telah tersebar luas dan menjadi banyak perbincangan publik.

 Ada juga factor lain selain hal mistis di atas yakni tentang ketidak fahaman dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya benda sejarah ini, sehingga tak jarang banyak dari mereka  yang menjarah dan menjual benda sejarah peningalan masa jaya Nusantara  ini pada kolektor benda antik seperti halnya yang terjadi di situs gunung jompong. Dimana telah banyak batuan dengan bentuk unik menyerupai binatang yang telah di ambil dan di jual di pasar gelap.

Selain arca dan prasasti dalam museum mini ini terdapat satu buah tugu perisai dari masa akhir kejayaan Majapahit yang melambangkan kesejahteraan bagi masyarakat zaman dulu. Selain itu ada juga dua buah watu lumpang yang kerap di jumpai di area persawahan terutama di daerah pedesaan. Besar harapan masyarakat Trenggalek agar kedepannya di tambah lagi isi dari museum ini, hal ini terlihat dari beberapa opini public di medsos beberapa bulan lalu ketika di temukan sebuah arca dewa siwa di kota ini. Semoga kedepannya bertambah lagi koleksi benda sejarah yang akan di tambah di dalam museum mini pendapa Trenggalek.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menengok Sejarah Trenggalek Di Museum Mini "

Post a Comment