Candi Brongkah (Bukti sejarah peradaban kota Trenggalek)



 
Candi brongkah
Candi adalah sebuah monumen sejarah yang di bangun untuk tujuan ibadah, pemujaan serta  memakamkan (menyimpan abu jenazah)  tokoh penting atau raja raja pada masa lampau. Candi juga merupakan bukti nyata akan kejayaan dan kemajuan peradaban bangsa Indonesia di masa lampau. Di kabupaten Trenggalek sendiri juga memiliki situs sejarah yang bernama candi brongkah, candi ini ditemukan oleh seorang laki - laki bernama bapak So'im. Menurut cerita yang ada di masyarakat  pak Soim menemukan candi brongkah ini lewat petunjuk dari sebuah mimpinya. 

 Dinamakan Candi "Brongkah” karena ditemukan di dusun Brongkah, desa Kedunglurah, kecamatan Pogalan. Candi yang berada dihalaman warga ini hanya tinggal tersisa bagian dasarnya saja, konon dulu ketika pertama kali ditemukan candi ini memiliki artifak kuno berupa arca nandi (patung sapi)  dan lempengan logam dengan tulisan huruf jawa kuno. Kini arca dan lempengan logam tersebut telah disimpan di museum trowulan Mojokerto untuk di teliti dari masa kerajaan manakah candi ini di buat.
Sisa sisa candi brongkah





Candi brongkah juga pernah berganti nama menjadi “candi Jenggolo Manik”. Nama ini diberikan oleh seorang Kyai terkenal bernama Mbah Dahnan. Sayangnya keadaan candi saat ini sungguh memprihatinkan tanpa adanya perhatian dari pemerintah daerah. Banyak warga trenggalek berharap dilakukan pemugaran untuk candi ini agar kita semua bisa tau bagaimana wujud utuh dari sang ‘ Brongkah’.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Candi Brongkah (Bukti sejarah peradaban kota Trenggalek)"

Post a Comment