Pulau Penyu Tulungagung (Wisata Pantai Patok Gebang & Jong Pakis)



Patok gebang dan jong pakis

Sebenarnya pulau penyu ini tidak lah pernah  ada di area patok gebang dan jong pakis . Istilah pulau penyu ini digunakan karena banyak nya penyu-penyu yang berdatangan  ke pantai patok gebang dan jong pakis untuk bertelur. Kedua pantai ini merupakan primadona baru di kabupaten Tulungangung karena keindahan pemandangan dan deburan ombaknya yang sangat besar hingga dapat melambung tinggi karena benturannya dengan karang terutama di pantai patok gebang.

 Menurut cerita warga para penyu-penyu ini sudah sejak lama sekali sering berdatangan untuk bertelur ke patok gebang dan jong pakis, namun karena kurangnya kepedulian warga sekitar pada waktu itu membuat telur-telur penyu banyak yang di mangsa predator liar dan di ambil  warga sebagai lauk atau di jual.

Tukik yang di dapat dari pulau penyu
Namun kini warga sekitar pantai sudah mulai sadar akan lingkungan dan sepakat untuk menjaga kelestarian penyu dengan membentuk pokdarwis yang di namai “SANGGARRIA”. Pokdarwis yang berlokasi  di Desa Jengglungharjo Kec. Tanggunggunung  Kab.Tulungagung ini  Selain menjaga kelestarian penyu  juga  mengelola dan menjaga  kebersihan pantai. Maka tak heran lagi jika pantai pantai yang berada di wilayah kerja pokdarwis “SANGGARRIA” ramai di kunjungi oleh wisatawan luar kota.

Banyak jalan setapak menuju kedua pantai ini, salah satunya yang sering di lewati pengunjung adalah via pantai sanggar  karena lewat jalur ini kita bisa beristrihat dan membeli perbekalan sambil menikmati keindahan panta sanggar. Akes menuju lokasi bertelurnya penyu ini terbilang sangat jauh dan melelahkan karena harus  melewati tanjakan perbukitan yang tajam dan menanjak, maka tak heran jika hanya ada bebarapa pengunjung saja yang berminat untuk menikmati pemandangan di pantai ini.  
Jalan setapak menuju Pulau penyu
 Tetapi jika kalian merasa tidak kuat untuk menempuh perjalanan yang jauh ini , ada jalur arternatif lain yang lebih  mudah yaitu dengan menyewa ojek. Ongkos ojek motor ini relative terjangkau harganya , ojek  yang telah dimodifikasi kerangka dan mesinnya ini dapat melaju dengan mudah melewati jalan dan terjalnya perbukitan area pantai.
Pantai jong pakis
Bagi kalian yang ingin berkunjung ke lokasi wisata ini kalian bisa memulai dari pertigaan pasar campur darat Tulungagung, dari pertigaan ini langsung melaju menuju arah kecamatan Tanggunggunung. Sesampainya  di pertigaan SMA 1 Campur Darat belok kiri dan ikuti arus aspal dari sini bertanya pada warga koramil Tanggunggunung . Setelah itu jalan terus hingga melewati pasar dan pertigaan yang banyak pohon trembesinya. Mulai dari sini saya sarankan untuk bertanya kepada warga  karena rutenya masih agak jauh.

Nah kawan tunggu apa lagi, siapkan perbekalan kalian dan segera kunjungi wisata pulau penyu ini di jamin kalian gak akan rugi. Satu hal lagi saya sarankan untuk berhati hati di jalan terutama di saat hujan karena jalan aspal menuju destinasi ini lumayan sulit.

Terimakasih sudah membaca….


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pulau Penyu Tulungagung (Wisata Pantai Patok Gebang & Jong Pakis)"

Post a Comment