Gunung jompong Pule (Peradaban purba di Bumi Menak sopal)



Situs batuan gunung jompong

Gunung jompong mungkin masih terasa asing bagi  telinga kita, gunung yang berada di desa suko kidul kecamatan Pule ini sekilas tidak begitu istimewa baik dari segi ketinggian dan vegetasi tanaman nya yang telah berubah menjadi lahan pertanian warga. Namun jika di amati lebih teliti lagi mata kita akan tertuju pada banyaknya gundukan gundukan bebatuan besar yang tertata rapi serta memiliki bentuk tak lazim. Hal ini lah yang membuat gunung ini menjadi pusat perhatian masyarakat  dan para peneliti situs purbakala, karena menurut mereka ternyata bebatuan di gunung jompong ini adalah merupakan situs peninggalan pada zaman megalitukum (zaman batu besar) 
Batuan besar pada gunung jompong

Situs in dipercaya  sebagai situs megalitikum karena memang banyak nya bebatuan besar di sana yang tersusun mengelilingi gunung dan membentuk seperti punden berundak . batu batu yang besar ini memiliki bentuk bulat dan panjang serta hampir ke semuanya tidak memiliki siku.
Pada situs ini ada sebuah batu yang sangat menarik dimana batu ini seakan akan batu ini menjadi icon dari situs gunung jompong, batu besar ini memiliki pahatan yang simetris dan rapi  menurut berita yang terdengar batu ini merupakan potongan dari bagian tubuh burung belibis, kalau di lihat secara kasat mata memang batu ini menyerupai potongan sayap raksasa.
Bebatuan berbentuk lonjong di gunung jompong

Situs gunung jompong ini sering di liput oleh wartawan dari media masa local maupun nasional bahkan kabarnya pernah juga dilakukan penelitian oleh arkeolog namun sayang nya hal itu belum cukup untuk menguak misteri di Situs Gunung Jompong. Tentunya banyak warga Trenggalek yang berharap agar misteri dari situs Gunung Jompong ini terkuak, hingga kita semua tau bagaimana kehidupan di Trenggalek tercinta ini Ratusan tahun yang lalu.
Puncak gunung jompong

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gunung jompong Pule (Peradaban purba di Bumi Menak sopal)"

Post a Comment