Jurug Kedung Panas (keindahan Yang Tersembunyi Dibalik Kawasan Perbukitan)



Keindahan jurug kedung panas bagian atas
Siapa yang sangka bahwa kecamatan Kampak yang terkenal sebagai salah satu kecamatan dengan jumlah penduduknya yang padat, serta menjamurnya bangunan pertokoan sebagai penopang kegiatan perekonomian di kecamatan ini. Ternyata juga menyimpan sebuah potensi wisata air terjun (Jurug) yang sungguh sangat indah sekali.
Kedung panas bagian bawah
Mungkin sebagian kecil masyarakat Trenggalek terutama yang berdomisili di kecamatan ini sudah pernah melihat keindahan jurug yang bernama jurug kedung panas  lewat face book, instagram atau media social lainya. Namun saya yakin hanya sedikit saja yang pernah mengunjungi lokasi nya dan benar-benar melihat secara langsung keindahan jurug kedung panas ini.

Jurug kedung panas


Kolam kolam kecil di kedung panas yang asyik untuk berendam
Jurug yang berlokasi di dusun Guli desa Bogoran ini letak nya memang tersembunyi di balik perbukitan yang indah. Akses jalan nya pun tergolong mudah karena jalan disepanjang jalur ini telah di aspal, walau ada beberapa bagian titik jalan yang rusak dan berlubang. Namun menurut saya jalan ini masih layak untuk di lalui kendaraan roda dua dan roda empat. Selain itu kita juga hanya perlu berjalan sekitar  kurang lebih 1 kilo meter dari lokasi parkir kendaraan. 

Dari parkir kendaraan 1 Km berjalan menyusuri jalan


Percabangan jalan setapak belok kiri
Unik nya walau lokasi jurug ini berada di wilayah desa Bogoran, namun untuk akses kendaraan dengan jalur yang termudah dan terdekat adalah melewati desa Ngadimulyo. Tepatnya pada jalur pertigaan sebelum balai desa Ngadimulyo. Jurug kedung panas sendiri memiliki dua tingkat dimana tiap-tiap tingkatnya memiliki jurug dan juga kedung sendiri sendiri. Dimana bagian yang paling indah dari jurug kedung panas ini adalah pada bagian tingkat atasnya (lihat gambar di atas).
Pertigaan sebelum balai desa Ngadimulyo belok kanan
Jurug dengan pemandangan indah ini sangatlah memerlukan perhatian dari pemerintah daerah serta masyarakat di sekitar jurug, agar ke depannya jurug kedung panas dapat menjadi destinasi wisata baru di kecamatan kampak. Serta mewujudkan impian  dari masyarakat kota Trenggalek sebagai salah satu kota dengan potensi wisata dan budaya yang patut di perhitungkan.

Lokasi selfi paling strategis
Berkaca dari kecamatan lain yang juga memiliki potensi wisata baru seperti kecamatan Dongko dengan jurug warunya dan kecamatan Pule dengan jurug songgo langgitnya. Jurug kedung panas ini sangat membutuhkan POKDARWIS (kelompok sadar wisata) agar benar-benar dapat di kelola dan di promosikan lewat media cetak dan media sosial. Semoga dengan adanya tulisan yang ala kadarnya ini jurug kedung panas mendapat respon dan tanggapan dari masyarakat luas serta pemerintah daerah.


Terimakasih sudah membaca. Maju terus pariwisata kota Trenggalek…!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jurug Kedung Panas (keindahan Yang Tersembunyi Dibalik Kawasan Perbukitan)"

Post a Comment