Jurug Songgo Langit Pule-Keindahan Air Terjun Penyangga Langit.




Jurug Songgo Langit  (Taken by Luckiez Kiez)

Jika mendengar nama  songgo langit mungkin yang terlintas dalam benak kita adalah tentang sesuatu  yang sangat tinggi dan seakan akan  mampu menopang langitan. Bahasa songgo langit sendiri  adalah merupakan bahasa jawa yang memiliki arti menopang langit atau menyangga langit. Di sebuah desa tepatnya Jombok kecamatan Pule kabupaten Trenggalek memiliki sebuah potensi wisata air terjun yang bernama jurug Songgo langit. Penamaan Songgo langit yang didapat turun temurun dari nenek moyang kita ini bukan tanpa alasan , pasalnya jurug songgo langit ini merupakan jurug yang sangat tinggi dan memiliki beberapa anak tingkat (tunda) yang keseluruhannya berjumlah 4 tingkat.
Salah satu Tingkat jurug (Taken by Luckiez Kiez)

Jurug songgo langit ini mempunyai pemandangan yang sangat indah dan berbeda beda pada tiap tingkatnya dengan view area persawahan dan hutan pinus yang sejuk ,serta di hiasi dengan tebing bebatuan cadas yang berwarna hitam dan ke orangean  menempatkan jurug ini sebegai jurug yang terindah di kecamatan Pule. Maka tak heran lagi jika sang Songgo Langit  mulai dilirik oleh pemerintah daerah untuk dijadikan obyek wisata baru di kecamatan Pule. Sayangnya keindahan sang Songgo Langit ini tidak bertahan lama, keindahan ini  hanya dapat dinikmati pada musim penghujan saja. Hal ini di karenakan telah   gundulnya hutan di pegunungan  area jurug songgo langit yang membuat sumber airnya menjadi berkurang secara drastis di musim kemarau..

Pembenahan akses menuju jurug dan penyedian lahan parkir pun mulai di garap bersama sama oleh perangkat desa,pokdarwis (kelompok sadar wisata) dan masyarakat sekitar jurug songgo langit. Sehingga dengan adanya upaya di atas tadi membuat akses menuju jurug ini menjadi lebih mudah di jangkau oleh kendaraan bermotor. 
Aliran air jurug songgo langit (Taken by Luckiez Kiez)

Rute menuju songgo langit sangat mudah,  bagi kalian yang belum tau kecamatan Pule kalian bisa menuju kecamatan Pule melewati jalur jalan raya Karangan-Dongko dan mencari lokasi pertigaan jalur menuju Pule, setelah ketemu langsung saja menuju perempatan kaserapan dengan cirri kasnya yang memiliki patung garuda pancasila. Setelah sampai di perempatan ini langsung saja menuju desa suko kidul, nah dari desa ini kalian bisa bertanya kepada warga tentang lokasi jurug songgo langit.
Songgo Langit tampak dari dekat (Taken by Luckiez Kiez)

Jika kalian penasaran dengan keindahan jurug songgo langit Pule langsung saja sempatkan waktu untuk ke tempat ini karena jika kalian surfing di internet yang muncul nanti bukan jurug songgo langit Pule Trenggalek melainkan jurug songgo langit di jawa tengah (Jepara) maklum saja karena jurug ini masih belum setenar yang ada di jepara. Semoga dengan adanya upaya dan perhatian dari pemerintah dapat menjadikan jurug ini menjadi lebih terkenal di kalangan wisatawan domestic dan nasional.


Spesial Thanks buat sobat saya Luckiez Kiez (nick name face book)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jurug Songgo Langit Pule-Keindahan Air Terjun Penyangga Langit."

Post a Comment