Jurug Waru Dongko Trenggalek (Destinasi Baru Wisata Air Terjun)



Jurug waru surga kecil di pedalaman Dongko

Jurug  Waru adalah jurug yang berlokasi di desa Watuagung Kec. Dongko Kab. Trenggalek. Jurug ini memiliki  view tebing bebatuan yang sangat luas dan indah, serta sungai dengan curah airnya yang terus mengalir sepanjang musim  menjadikannya sebagai  daya pikat tersendiri bagi para pengunjung. Selain itu satu hal yang membuat jurug ini istimewa dari jurug yang lain adalah pada bagian bawah air terjunnya menyembur melewati lobang pada bagian  tebing batu. Maka tak heran jika hal ini membuat jurug waru cepat mendapat respon dan di terima di hati para wisatawan.
Air dari jurug waru  yang melewati lobang tebing
Setiap minggunya jurug waru ramai dikunjungi oleh para pengunjung, mereka kebanyakan berasal dari kota  Trenggalek saja, namun tak jarang juga yang berasal dari luar kota seperti Tulungagung, Blitar, Kediri bahkan ada juga yang berasal dari kota Malang. Informasi  ini saya dapat dari salah salah satu teman saya yang bernama Mas Mukini, menurut pengakuan nya dia pernah mengantarkan wisatawan dari kota malang dan Kediri. Peran aktif warga Trenggalek memiliki konstribusi tersendiri dalam mengenalkan lokasi wisata baru ini. Promosi wisata di medsos yang dilakukan oleh beberapa komunitas menjadi point penting dan titik balik dari perkembangan jurug waru sebagai wisata air terjun yang layak di kunjungi  di Kota Trenggalek.
kedung waru tampak dari atas

Tak lengkap rasanya berwisata ke jurug (Air terjun)  jika tidak menyempatkan diri untuk mandi dan bermain air di sekitar jurug. Bagi kamu yang bisa berenang tidak ada salahnya mencoba berenang di kedung jurug waru,  kedung yang memiliki kedalaman kurang lebih 5 meter ini serta warna air yang kehijau- hijauan  sangat sayang jika di lewatkan begitu saja.  Atau bagi kamu yang suka hal-hal extream seperti cliff jumping kamu juga bisa melakukan hal ini di jurug waru karena jurug ini mempunyai tebing yang tinggi dan mudah sekali untuk di daki. Namun bagi yang tidak bisa berenang saya ingatkan supaya bisa menahan diri untuk tidak berenang di kedung waru supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak kita ingin kan.
salah satu tebing yang sering digunakan untuk cliff jumping
Untuk kamu yang ingin berkunjung ke jurug waru kalian bisa langsung menuju arah jalan raya Dongko Panggul, di jalan raya dongko carilah  lokasi puskesmas pandean , tepat disebelah puskesmas ada pertigaaan kalian susuri pertigaan ini. Jalan terus ikuti arus aspal sampai menjumpai pertigaan di depan SDN 1 Pandean, masuk ke pertigaan ini dan ikuti papan penunjuk lokasi yang sudah di pasang oleh warga. 
Pose saya saat di atas tebing
Nah semoga coretan saya ini dapat menjadi refrensi wisata bagi kalian terutama bagi kamu yang hobi traveling. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan lokasi wisata dengan cara membuang sampah pada tempatnya. ( Salam dolan terimakasih sudah membaca)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jurug Waru Dongko Trenggalek (Destinasi Baru Wisata Air Terjun)"

Post a Comment