Jurug Mangu Dongko (Keindahan di balik curamnya tebing)



Jurug mangu yang diapit tebing curam

Satu lagi potensi wisata jurug (air terjun)  yang berada di aliran sungai Kecamatan Dongko Trenggalek.  Jurug yang berlokasi di dusun mremban desa dongko ini di namai warga dengan nama jurug mangu oleh warga setempat. Sebenarnya jurug mangu ini memiliki struktur yang hampir sama dengan jurug waru (baca artikel tentang jurug waru) hanya saja jurug mangu areanya tidak seluas jurug waru. Jurug mangu relative sempi karena diapit oleh dua tebing yang tinggi dan memanjang maka tak heran jika dilihat dari bawah seakan akan jurug ini mirip dengan grand canyon yang ada di Amerika.
Jurug mangu
Jurug mangu memiliki lokasi yang lumayan sulit , tidak bisa langsung di jangkau dengan naik sepeda motor dan harus berjalan kaki sepanjang aliran sungai yang  jarak tempuhnya kurang lebih 2 km.  Selain itu banyaknya tebing curam yang berada di kanan kiri aliran sungai membuat jurug ini kurang begitu banyak dikunjungi sehingga kurang terekspose di media social. 

Indahnya pemandangan tebing dan kedung mangu
 Pemandangan di jurug mangu sangat indah udaranya juga sejuk dan teduh karena banyaknya pepohonan yang berjajar di kanan kiri tebing jurug. Hanya saja di sini kita harus sangat berhati hati jangan sampai kita terjatuh dari tebing saat menikmati keindahan jurug mangu. Peran aktif warga sangat dibutuhkan untuk mempromosikan keindahan jurug ini sebagai destinasi wisata baru di Trenggalek. Namun sayang nya masyarakat di sekitar sana masih belum begitu peduli dengan potensi wisata ini, hanya ada beberapa warga saja  yang peduli dan mencoba  mempromosikan keindahan jurug lewat medsos namun hal ini ternyata belum membawa efek yang besar pada jurug mangu karena sampai sekarang pun jurug mangu masih tetap sepi dan belum terkelola. 
Tebing di jurug mangu
Semoga kedepannya jurug ini mendapatkan perhatian yang lebih dari warga sekitar dan pemerintah daerah sehingga dapat dikelola dengan baik dan menjadi obyek wisata baru bagi kota Trenggalek.
Jurug mangu

                                                            Terimakasih sudah membaca.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jurug Mangu Dongko (Keindahan di balik curamnya tebing)"

Post a Comment