Kopi vandilem kopi peninggalan jaman belanda


Kopi memang merupakan minuman favorit bagi kita semua, bahkan menurut beberapa penelitian kopi menempati urutan kedua sebagai minuman yang paling banyak di konsumsi manusia di seluruh dunia setelah air putih tentunya. Selain itu kopi juga di percaya memiliki beberapa khasiat penting bagi kesehatan seperti mengurangi rasa pusing/migrant, mencegah step, serta dipercaya dapat memulihkan stamina.

Selain manfaat seperti diatas seiring berkembangnya teknologi kopi sendiri pun kini juga memiliki banyak variasi dalam pengkonsumsian dan penyajiannya seperti kopi susu,kopi kream, moca dll dan masih banyak lagi jenis varisai minuman berbahan dasar kopi. Namun dari semua kopi yang bervariasi tersebut kopi hitam atau kopi murni lah yang paling banyak di gemari dan di konsumsi oleh masyarakat Indonesia baik yang ada di kota maupun pedesaan.

Di Trenggalek sendiri terdapat sebuah kopi local yang memiliki nama layak nya orang belanda, ya nama kopinya adalah Vandilem sebuah kopi yang berasal dari sisa perkebunan kopi pada jaman penjajahan belanda dulu. Bahkan dalam area perkebunan ini masih berdiri kokoh bekas pabrik kopi vandilem yang keseluruhan alat dan mesinnya  di gerakkan oleh air. Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan kemajuan Negara belanda yang memang ahli dalam memanfaatkan air sebagai sumber daya energi.

Memakai sologan “kopine wong londo” kopi vandilem yang di kelola dan diproduksi oleh Dinas Pertanian,Perhutanan dan perkebunan (Disperhutbun) ini ternyata sangat diterima msayarakat dan laku keras serta banyak sekali di cari oleh pembeli baik sekedar untuk konsumsi secara pribadi  maupun untuk di pasarkan kembali. Sampai sampai untuk beberapa saat lalu kopi vandilem ini sempat tidak berproduksi karena menipisnya stok kopi dari perkebunan kopi vandilem.

Tentu semua penasaran dengan kenikmatan rasa kopi ini, bayangkan saja gimana rasanya menikmati seduhan kopi hitam dari pohon yang sudah berusia ratusan tahun, sisa sisa pada jaman penjahahan belanda dulu .Pasti ini akan menjadi hal yang sangat menarik dan menjadi pengalaman paling tak terlupakan bagi para pecinta kopi hitam di seluruh Nusantara.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kopi vandilem kopi peninggalan jaman belanda"

Post a Comment