Tips berkendara nyaman saat naik vespa


Vespa memang merupakan salah satu kendaraan yang sangat banyak penggemarnya, bahkan untuk komunitasnya pun sudah tersebar di seluruh pelosok nusantara. Naik vespa memang istimewa seakan dunia hanya milik seorang saja tak lupa dengan gaya khas pantat agak keanggkat dan bahu miring sedikit efek menahan beban berat mesin kanan. Pokoknya sensasi naik vespa memang tiada duanya bahkan sampai sekarang pun masih sangat teringat jelas walau sudah lama vespa milik pribadiku aku jual.

Walaupun banyak kesan yang enak enak saat naik vespa kita juga jangan lupa bahwa vespa ini adalah kendaraan produk lama yang usianya pun bisa seusia mbah mbah kita. Maka tak jarang pula ada sebagian orang yang memanggil vespa miliknya dengan sebutan mbah. Dari sini kita juga sudah harus sigap mengingat mesin tua ini terkadang sering mogok di tengah jalan saat sedang berkendara. Nah di sini ada beberapa tips gimana cara mengatasi serta menangani vespa yang mogok saat berkendara jauh.

*Jangan lupa Kunci Busi dan Amplas*

Vespa yang terkenal memang boros dan apa lagi system pembakarannya bercampur dengan oli mesin membuat  busi menjadi cepat gosong dan klomoh (penuh dengan noda oli) hal ini dapat di antisipasi dengan melepas busi dan membersihkannya dengan kain dan menggosok ujung busi dengan amplas agar percikan listrik dapat kembali ada. 

*Selalu sedia kawat oler cadangan*

Saat toring jauh hal yang tidak inginkan bisa saja terjadi seperti oler yang putus bisa oler kopling maupun rem. Tentunya jika berada di perkotaan akan sangat mudah untuk mencarinya namun lain halnya jika sedang melewati hutan dan tempat sepi tentu ini akan sangat merepotkan.

*Sedia Ban pengganti.*
Salah satu julukan vespa antara lain adalah si kebo bodi montok nan semok serta mesin beratnya terkadang sangat membuat repot jika ban belakangnya bocor, sumpah pengalaman saya mendorong vespa dengan kondisi ban belakang yang bocor bikin saya kapok. Sensasinya seperti mendorong kerbau yang gak mau jalan jalan.

*Perlengkapi diri dengan keahlian servis ringan*

Mogok bisa saja terjadi saat karbulator kotor dan spuyer tersumbat maka kita harus membekali diri dengan kemampuan servis ringan seperti cek karbulator, cek koel atau jalur listriknya dan kemampuan cek platina mesin kipas. Jika kita sudah bisa menguasai beberapa keahlian di atas maka perjalannan naik vespa pun pasti akan terasa sangat nyaman.

Demikian beberapa tips nyaman naik vespa berdasarkan pengalaman pribadi saya, salam damai untuk kalian para pecinta mesin kanan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips berkendara nyaman saat naik vespa"

Post a Comment