Persinggahan Jendral Soedirman Di Bodag Panggul Trenggalek


Bangunan  yang berada di desa Bodag Kecamatan panggul ini merupakan salah satu monumen sejarah di kota Trenggalek yang menjadi saksi bisu perjuangan kemerdekaan Indonesia. Sebuah rumah gedong yang mungkin merupakan rumah yang mewah pada zamannya ini pernah di singgahi oleh Jendral Besar Soedirman untuk menyusun rencana dan siasat perang kala melakukan gerilya melawan penjajah.
Sisi kiri rumah
Sisi kanan rumah

Menurut cerita yang telah beredar bangunan gedong berbentuk limas tersebut dulunya adalah milik Alm.Bapak  Moh Ngabdi dan Ibu Jamilatun. letaknya pun juga bisa dibilang sangat strategis yakni berada jauh dari pusat kota dan sangat dekat sekali dengan hutan dan pegunungan hal ini tentu sudah beliau perhitungkan agar jika ketahuan oleh pihak belanda bisa segera menghilang dan masuk dalam kehutan. 

Walau bersinggah tak lama di Desa Bodag yakni sekitar tiga hari saja namun tentu strategi yang telah di susun saat dalam persinggahan tentu sangatlah berpengaruh bagi keberhasilan perang gerilya yang dilakukan Jendral Soedirman. Lama sang jendral singgah di sini pun di abadikan pada sebuah bangunan monumen yang berangka empat lima dimana pada bangunan tersebut tertulis angka 13-15 April 1949.
Monumen empat lima
Tulisan pada monumen
Jika kita berkunjung pada tempat persinggah tersebut jangan lupa untuk melepas sandal atau sepatu karena di sini sangat di jaga kebersihannya. Pada bagian depan rumah terlihat beberapa foto Jendral Soedirman dan juga beberapa gambar peta / rute greliya. Namun rasa haus kita akan sejarah Jendral Soedirman hanya akan sebatas pada ruang depan saja karena semua pintu masuk ke dalam rumah di kunci rapat dan tidak sembarangan bisa di buka pada setiap saat. Menurut sumber dari media masih terdapat banyak benda peninggalan beliau di dalam rumah seperti peralatan ibadah,alat makan,meja kursi dan tempat tidur serta sebuah tandu yang kini sudah di pindahkan di museum Jogja.
Peta Rute Gerilya
Berepara foto Jendral Soedirman
Bagi yang penasaran dan ingin menengok bangunan sejarah di kota Trenggalek ini kita bisa langsung menuju ke Kec. Panggul dari pertigaan lampu merah pasar lurus saja atau jika dari Pacitan ambil belok kiri. Dari sini kita tinggal mengikuti arus aspal dan terus ambil belokan kanan hingga menjumpai SMA 1 Panggul. Dari sekolah ini beberapa meter akan ada perempatan cor coran semen  belok kanan masuk perempatan  maka kita akan menjumpai sebuah mushola yang di sepan mushola tersebut terdapat sebuah monumen berwarna hijau dan sebuah rumah berhalam luas yang sepi tak berpenghuni. Rumah itulah yang dulunya pernah di singgahi oleh seorang Jendral Besar Soedirman.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Persinggahan Jendral Soedirman Di Bodag Panggul Trenggalek"

Post a Comment