Daftar Potensi Wisata Air Terjun di Kota Trenggalek


Potensi wisata air terjun di kota Trenggalek pada dasarnya sangat patut untuk di perhitungkan mengingat wilayah kota ini memiliki banyak gunung dan juga aliran sungai yang mengalir dengan deras pada tiap tahunnya. 

Jika di tanya tentang potensi wisata air terjun di Trenggalek, saya pasti akan menjawab banyak..! namun potensi-potensi wisata ini nampaknya masih cukup malu-malu untuk merangkak kepermukaan. Selain kurangnya penataan dalam pengelolaan lokasinya yang cukup masuk ke dalam hutan membuat potensi-potensi ini seakan tertutup dan di biarkan begitu saja. Berikut beberapa daftar potensi wisata air terjun yang sangat layak untuk kita kunjungi
Daftar  Potensi Wisata Air Terjun di Kota Trenggalek
Jurug waru
Jurug waru Kecamatan Dongko
Jurug yang satu ini sempat cukup terkenal beberapa tahun lalu, saking terkenalnya foto yang sempat saya unggah di blog jejaknoe.net maupun di medsos lain di ambil dan di beri water mark sendiri tanpa menyertakan alamat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Jurug yang berada di kecamatan Dongko ini kini nampak sudah tak terawatt lagi.
Daftar  Potensi Wisata Air Terjun di Kota Trenggalek
Jurug mangu

Jurug Mangu Kecamatan Dongko
Jurug yang satu ini memiliki detail dan struktur yang hampir mirip dengan grand canyon. Aliran suangai jurug ini berada tepat di antara kedua belah tebing yang hanya terpisah jarak beberapa meter saja.

jurug kemukus
Jurug Kemukus Kecamatan Dongko 
Jurug kemukus merupakan jurug yang cukup indah, masih satu aliran sungai dengan jurug waru. yang paling menarik dari jurug ini adalah adanya dua buah batu besar yang berada di tengah tengah kedungnya.

jurug angin
Jurug Angin Kecamatan Dongko
Jurug angin terletak di desa watu agung kec  dongko, lumayan tinggi untuk ukuran sebuah air terjun. Menuju lokasi jurug angin kita akan di suguhi harum aroma perkebunan cengkih yang siap menjadi peneduh dalam perjalanan menuju jurug angin.

jurug dam
Jurug Dam Kecamatan Dongko
Jurug dam terletak di perbatasan antara dua kecamatan yakni kampak dan dongko, letaknya berada di belukar pinggir jalan raya sehinggi jarang sekali di ketahui oleh warga. Jurug ini terlihat sangat indah ketika musim hujan hanya saja kebiasaan buruk warga yang suka buang sampah di sungai terkadang menjadi pemandangan yang kurang sedan di lokasi ini.

jurug terbang

Jurug terbang  kecamatan Kampak
Jurug terbang berada di darerah yang cukup terpencil, terletak di wilayah desa karang rejo jurug ini menjadi primadona desa dari tahun ketahun. Lokasinya yang berada di aliran sungai pegunungan membuat jurug ini terasa sangat segar dan adem untuk berenang.

coban sapi
Coban sapi Kecamatan Kampak
Coban sapi berada di desa ngadimulyo kecamatan kampak, lokasinya yang tersembunyi membuat air terjun ini tidak begitu terkenal di kalangan public. Jurug sapi di ambil dari sebuah cerita dimana ada seekor sapi yang jatuh ke jurang dan hanyut kesungai. Oleh penduduk sapi tersebut di temukan selamat di bawah air terjun yang kini di beri nama coban sapi.

jurug kedung panas
Kedung panas dan Jurug perahu Kecamatan Kampak
Kali ini di desa bogoran kecamatan kampak, dua buah air terjun menjadi satu dalam aliran sungai yang indah. Namanya jurug kedung panas dan jurug perahu. Merupakan jurug yang sangat indah  dengan nuansa air yang berwarna kehijauan sangat cocok sekali untuk berenang karena area kedung ini aman dari arus deras.

Jurug Nanas
Jurug nanas Kecamatan Watulima
Jurug nanas bisa di bilang yang paling tinggi diantara sekian jurug yang ada, tebingnya yang datar dan juga datar membuat air yang jatuh terlihat sangat derasd dan jernih. Jurug ini berada satu kawasan dengan air terjun rong kambu yang sudah terkenal itu.

jurug songgo langit
Jurug songgo langit Kecamatan Pule
Jurug songgi langit berada di kecamatan pule, merupakan jurug dengan tebing batuan merah yang megah. Pemandangannya pun bercampur aduk dengan gelanggang sawah sehingga begitu nikmat untuk di pandang. Salah satu yang paling menarik dari lokasi ini adalah ditemukannya saluran irigasi yang terpahat di sebuah bebatuan.

jurug nguncar
Jurug Nguncar Kecamatan Kampak
Jurug nguncar merupakan sumber air bersih yang memancar dari celah tebing. Debit air yang bersih dan segar ini ditampung dalam kolam raksasa dimana dimanfaatkan untuk PDAM kecamatan kampak dan juga kecamatan lainnya.

coban wonoasri
Coban Wonoasri Kecamatan Munjungan
Coban wonoasri bisa dibilang salah satu andalan wisata air terjun yang ada di trenggalek, namun karena lokasinya berada di munjungan dan termasuk daerah yang sulit di capai pamor dari air terjun ini juga mampu memancing banyak wisatawan luar kota meski sudah di kelola dan diresmikan.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daftar Potensi Wisata Air Terjun di Kota Trenggalek "

Post a Comment