Jajanan Khas Trenggalek Yang Sudah Go Nasional


Jajanan khas merupakan ciri utama suatu daerah utamanya dalam bidang kuliner, dimana pada era saat ini jajanan khas sudah melekat erat menjadi satu dengan industry wisata. Tak akan lengkap jika berkunjung ke daerah wisata tanpa membeli atau mencicipi makanan / jajanan khas daerah tersebut.

Trenggalek salah satunya , daerah yang kaya akan jajanan khas ini juga tidak ketinggalan dalam mempromosikan berbagi macam jajanan khas yang ada. Berbagai cara telah ditempuh pemerintah daerah untuk mengenalkan jajan local ini termasuk dengan aktif dalam mengirim perwakilan UKM di berbagai macam event daerah.

Cara tersebut bisa di bilang sangat efektif, dampaknya jajanan desa yang dulunya di pandang sebelah mata ini kini mulai diminati masyarakat luas dan di kemas secara apik oleh sang produsen. Bahkan beberapa diantaranya sudah go nasional dan sering di ambil oleh para pedagang / tengkulak dari berbagai kota.
 
Apa saja jajanan khas trenggalek yang sudah go nasional ini, nah berikut akan kita bahas bersama sama:
 
Alen-alen
Alen alen
Jajan berwarna kuning dengan bentuk lingkaran sepereti cincin ini sangat melekat erat dengan kota Trenggalek. Rasanya cukup gurih, terbuat dari bahan tepung ketela yang telah di proses sedemikaian rupa. Dinamakan alen-alen karena selain berbentuk seperti cincin proses pembuatanya pun juga dengan cara meilitkan adonan jajan ini pada ujung jari yang sudah di lumuri tepung.

Dalam perkembangannya alen-alen telah mengalami modifikasi rasa, termasuk dengan menaburi jajan ini dengan berbagai macam perasa seperti rasa jagung bakar, BBQ, dll.  

Tempe Kripik
Tempe kripik
Satu lagi jajan khas yang melekat erat dengan Trenggalek yakni tempe kripik, tempe kripik di buat dengan cara yang cukup rumit yakni harus menata biji per biji kedelai sebelum di bungkus daun pisang dan di diamkan dalam proses peragian. Karena prosesnya yang cukup rumit inilah harga tempe kripik menjadi relative lebih mahal.
 
Manco
Manco
Manco merupakan jajanan yang memiliki rasa manis dengan bahan utama gula dan juga biji beras yang di panggang. Manco sendiri kini telah mengalami modifikasi dalam pembuatan, ada manco dengan bentuk panjang dan pendek serta ada juga manco yang berbahan kulit dari biji wijen.
 
Walangan/ Gupi
Gupi/walangan
Gupi atau yang kerap disebut dengan walangan merupakan jajan khas yang terbuat dari bahan umbi jalar. Umbi jalar yang di gunakan biasanya umbi jalar ungu, setelah di kupas lalu di cuci umbi jalar akan di parut  dengan bentuk agak pipih, kemudian parutan umi di bentuk bulat dan di goreng sebelum di celup  dengan cairan gula merah.
 
Nah demikian beberapa jajan khas dari trenggalek yang sudah go nasional, jika ada yang masih kurang mungkin ada kiranya sobat pembaca menambahkan di kolom komentar..!



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jajanan Khas Trenggalek Yang Sudah Go Nasional"

Post a Comment