Macam-macam Obat Doping Dan Efeknya Bagi Tubuh

 
Doping memang sangat erat hubungannya dengan dunia olah raga, ibarat sisi gelap yang terus saja mengikuti perkembangan dunia olah raga dari waktu ke waktu doping seakan semakin kerap di gunakan oleh para atlit untuk menopang staminanya.

Meski penggunaan doping sudah di larang dan dinyatakan illegal dalam dunia olah raga namun ternyata masih banyak juga diantara mereka yang tetap nekad untuk memakai doping. Alhasil ketika kecurangan itu di ketahui maka banyak gelar dan juga penghargaan yang pernah diraih  di cabut kembali oleh pihak yang berwenang.

Apa saja jenis jenis obat doping yang kerap di gunakan dalam dunia olah raga dan apa saja efek yang di timbulkan bagi tubuh ketika mengkonsumsi benda terlarang ini berikut kita bahas bersama sama:
 
Barbiturate
Obat satu ini memiliki efek mengurangi kegelisahan dalam tubuh, biasanya di gunakan oleh altit panah dan juga menembak. Dalam jangka waktu dua hari kandungan senyawa obat ini baru akan hilang dari dalam tubuh.
 
Cocaine
Obat terlarang ini sangat kerap di dengar oleh msyarakat, efek yang ditimbulkan yakni meningkatkan kosentrasi dan daya tahan tubuh. Kandungan zenyawa dari cocaine baru hilang seluruhnya jika sudah empat hari. Biasanya di pergunakan pada cabang olah raga lari, balap sepeda dan base ball.
 
Mannitol
Obat yang satu ini memiliki efek mengurangi berat badan dan menyamarkan urine agar obat doping lain tidak terdeteksi saat di lakukan tes urine. Biasanya zat yang terkandung dalam mannitol bertahan selama empat hari di dalam tubuh. Banyak di gunakan oleh para atlit olah raga angkat besi.
 
Clenbuterol
Obat ini dapat mengurangi berat badan dan juga meningkatkan metabolism dalam tubuh, biasanya kandungan obat ini bertahan selama lima hari dalam tubuh si pengkonsumsi.
 
HGH (human growth hormone )
Sesuai dengan namanya HGH mampu meningkatkan kekuatan / stamina serta dapat menambah masa otot dalam tubuh si pemakai. Menurut penelitian kandungan obat ini dapat bertahan di dalam tubuh dalam waktu yang cukup lama, yakni 28 hari. Biasanya digunakan dalam cabang olah raga gulat dan angkat besi.
 
Cannabinoid
Efek yang ditimbulkan oleh obat ini adalah dapat mengurangi ketegangan dan rasa was was dalam tubuh. Efek yang di timbulkan hampir sama dengan barbiturate namun bedanya obat ini memiliki jangka yang cukup panjang untuk menghilangkan efeknya yakni 60 hari.
 
Steroid
Yang satu ini sudah sangat sering kita dengar di berbagai berita maupun media social, steroid merupakan suplemen yang berfungsi untuk menambah masa otot dan juga meningkatan kekuatan serta stamina tubuh si pengguna. Biasanya obat ini di pergunakan dalam cabang olah raga lari dan juga angkat besi.
 
Nandrolone
Fungsi dari nandrolone sama dengan steroid yakni untuk menambah masa otot dan juga meningkatan kekuatan serta stamina tubuh si pengguna. Namun yang paling menyolok dari obat ini adalah jangka bertahanya dalam tubuh yang bisa dibilang cukup lama yakni 365 hari.
 
Nah demikanlah beberapa obat yang sering disalah gunakan untuk doping dan juga pengaruhnya terhadap tubuh manusia. Tentunya sebagai orang yang mencintai olah raga sudah sepatutnya kita menjunjung tinggi sportifitas dengan cara menghindari berbagai macam kecurangan dalam bentuk apa pun termasuk penggunaan doping.
 
(dikutip dari berbagai sumber)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam-macam Obat Doping Dan Efeknya Bagi Tubuh"

Post a Comment