Populasi Ikan Kerapu Yang kian Menurun


Ikan kerapu termasuk salah satu ikan laut yang dikenal dengan rasanya yang sangat gurih dan nikmat tak heran dengan cita rasa yang sedemikan rupa membuat harga ikan kerapu menjadi sangat mahal jika jual. Bahkan harganya pun bisa sampai ratusan ribu atau jutaan rupiah jika sudah berada di restaurant bintang lima.

Berbagai macam cara pembudidayan telah di lakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan ikan kerapu. Namun ternyata cara tersebut masih belum bisa untuk memenuhi target pasar, banyak factor yang mempengaruri  salah satunya adalah jumlah konsumen terus meningkat dari tahun ke tahun. 

Selain factor meningkatnya konsumen tiap tahunnya, factor lainnya berasal dari kebisaan ikan kerapu sendiri yang jika dilihat dari perilaku hidupnya ikan ini cukup sulit untuk di budidayakan/diternak dan juga kerapu sendiri termasuk salah satu jenis ikan omnivore yang tidak segan-segan untuk memakan temanya jika dalam kondisi lapar.

Selain membudiayakan ikan kerapu untuk memenuhi kebutuhan pangan para konsumen, ternyata masih ada juga sebagian masyarakat yang menangkap ikan mahal ini di perairan lepas, hal yang sudah berlangsung cukup lama tersebut ternyata sudah mulai terlihat dampaknya pada jumlah populasi ikan kerapu yang ada di lautan.

Habitatnya yang berada dikawasan terumbu karang sehingga sulit untuk ditangkap membuat nelayan menggunakan berbagai macam cara agar bisa mendapatkan ikan ini termasuk dengan cara merusak terumbu karang tersebut. jaring-jaring nelayan yang menancap pada terumbu karang kerap menyebabkan kerusakan yang fatal  saat di tarik dengan paksa.

Semakin marak penangkapan ikan kerapu di laut semakin membuat populasi ikan ini menjadi tidak seimbang, jumlah ikan yang di tangkap dengan laju perkembanganya dilaut sangat jauh perbandingannya. Bahkan menurut penelitan saat ini hanya terdapat kurang lebih 200 ekor ikan kerapu /ha, jumlah yang cukup menurun drastic jika melihat beberapa tahun lalu masih terdapat 720 ekor lebih /ha di perairan lepas.

Hal tersebut patut di sikapi dengan cepat, jangan sampai populasi ikan ini menjadi berkurang drastis hanya untuk memenuhi urusan sahwat perut. Para nelayan pun juga harus mulai bijak dalam mengangkap ikan kerapu. Karena cara mengangkap yang asal-asalan tanpa memperhatikan lingkungan tempat tinggalnya juga akan membuat ikan kerapu ini tidak bisa berkembang biak dengan baik.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Populasi Ikan Kerapu Yang kian Menurun"

Post a Comment