Candi Lor Tonggak Sejarah Berdirinya Kota Nganjuk


Candi Lor atau yang sering di sebut dengan canti boto  (candi bata) merupakan sebuah candi bangunan candi yang sudah termakan usia. Hampir 70 % bentuk dari candi lor ini sudah hancur dan melapuk bersama tanah.

Terletak di Desa Candirejo Kecamatan Loceret Candi yang terbuat dari bahan batu bata merah tersebut seakan kental dengan nuansa mistis ketika di pandang. Karena tepat di bagian candi ini tumbuh  sebuah pohon kepuh ukuran raksasa yang sudah menyatu dengan tubuh candi. 

Pohon kepuh yang telah berusia sekitar 500 tahun lebih ini seakan menjadi saksi bisu tonggak sejarah perjalanan kota Nganjuk dari masa ke masa. Candi lor sendiri konon di dirikan sebagai wujud terimakasih Raja Mataram Hindu kala itu Yakni Empu Sindok atau yang bergelar Sri Maharaja Sri Isyana Wikrama Dharmottunggadewa.

candi lor dengan akar pohon kepuh
Perintah pembuatan candi lor ini di berikan kepada  Rakai Hinu Sahasra, Rakai Baliswara serta Rakai Kanuruhan pada tahun 937. Perintah tersebut berisikan sebuah mandat untuk membangun  bangunan suci bernama Srijayamerta sebagai pertanda penetapan kawasan Anjuk Ladang(yang sekarang nama ini menjadi "Nganjuk") sebagai kawasan swatantra (bebas pajak) atas jasa warga Anjuk Ladang dalam peperangan.  

Dalam sebuah prasati Anjuk Ladang ditemukan sebuah tulisan kuno yang berbunyi parnaha nikanan Imah unwana san hyan prasada atêhêra jaya(sta)mbha wiwit matêwêkniranlahakan satru(nira)(haj)ja(n) ri (ma)layu”. Artinya: di tempat ini (yang telah terpilih) agar menjadi tempat didirikannya bangunan suci, sebagai pengganti tugu kemenangan, (di sanalah) pertama kali menandai saat ia (raja) mengalahkan musuhnya dari Kerajaan Melayu.

Candi lor nampak dari depan gerbang
Di area kawasan candi terdapat pula beberapa yoni dan juga dua buah makam kuno. Konon kedua makam ini adalah milik abdi dalem kinasih  Eyang Kerto dan Eyang Kerti yang di percaya untuk menjaga candi pada masa itu. 

Sebagai onggak Sejarah Berdirinya Kota Nganjuk Pada tiap 10 April candi lor kerap di gunakan sebagai pusat perayaan hari jadi kota Nganjuk. Banyak ritual atau kegiatan yang di selenggrakan di lokasi candi untuk merakayan hari jadi kota angin tersebut.

http://macam-macam-tarian-daerah.blogspot.co.id/2014/01/sejarah-candi-lor-dari-batu-bata-merah.html
Candi yang berada tepat di pinggir sawah ini cukup terawat dengan sangat baik. Hal ini karena candi lor memiliki seorang juru kunci yang selalu ada setiap hari untuk membersihkannya. Tak jarang pula sang juru kunci juga akan membagi carita sejarah tentang candi lor ketika kita berkunjung ke sini.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Candi Lor Tonggak Sejarah Berdirinya Kota Nganjuk"

Post a Comment