Supermoon, Blue Moon, Gerhana Bulan Fenomena Alam 31 Januari 2018


31 Januari 2018 Mungkin akan menjadi tanggal paling bersejarah dalam dunia astronomi, karena pada tanggal ini tiga fenomena alam sekaligus bertumpuk menjadi satu di bulan. Supermoon, Blue Moon, Gerhana Bulan sebuah fenomena langka yang pernah tercatat oleh berita pernah terjadi sekitar seratus tahun silam kini muncul kembali di awal Tahun 2018.

Indonesia sendiri termasuk salah satu Negara yang beruntung, karena fenomena langka tersebut bias di nikmati di beberapa kota.  Meski pun ada juga sebagian kota yang terhalang oleh cuaca karena sedang musim hujan.
 
Mungkin sebagai orang awam kita akan sedikit bingung dengan ketiga istilah astronomi di atas, nah supaya tidak bingung tentang istilah astronomi di atas yuk kita simak ulasan tentang apa itu Supermoon, Blue moon dan juga Gerhana bulan.


Super moon / Bulan super adalah istilah yang digunakan oleh para astrolog untuk menggambarkan keadaan bulan penuh ketika bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan Bumi. Namun istilah ini tidak diterima secara luas, terutama di kalangan ilmuwan. Secara spesifik, bulan super bisa merupakan bulan purnama, yang jaraknya dengan bumi sekitar 10% atau kurang dari jarak lintasannya dengan bumi.
Bulan biru / Blue moon adalah peristiwa munculnya bulan purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan yang sama. Nama Bulan Biru sebenarnya tidak ada hubungannya dengan warna. Kadang-kadang, bulan purnama dapat muncul pucat kemerah-merahan. Bulan bisa tampil berwarna biru jika kebakaran hutan atau letusan gedung berapi mengotori bagian atas atmosfer dengan abu atau asap. Letusan gunung berapi memberikan bulan goresan kebiru-biruan dari sudut pandang orang kebanyakan di muka Bumi pada 1991.
 
Bulan Biru memiliki banyak nama. Bulan biru juga disebut sebagai bulan purnama sturgeon, bulan jagung hijau, bulan gabah, dan bulan purnama merah. Tiap Agustus nama-nama bulan purnama timbul dari berbagai julukan yang diberikan untuk bulan purnama dari bulan tertentu menurut penduduk asli Amerika dan tradisi Eropa. https://id.wikipedia.org/wiki/Bulan_biru
 
Gerhana Bulan adalah fenomena alam dimana terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar Matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi.
 
Dengan penjelasan lain, gerhana bulan muncul bila bulan sedang beroposisi dengan matahari. Tetapi karena kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika, maka tidak setiap oposisi bulan dengan Matahari akan mengakibatkan terjadinya gerhana bulan.https://id.wikipedia.org/wiki/Gerhana_bulan

Mengingat langkanya fenomena tersebut maka tak heran banyak yang mencoba mengabadikan momen istimewaow ini. Namun tidak semua kamera bisa menangkap gambar bulan pada fenomena langka tersebut. Pastinya hanya kamera yang telah di lengkapi dengan lensa tele zoom saja yang bisa dengan jelas menangkap keindahan Supermoon, Blue moon dan juga Gerhana bulan pada tanggal 31 Januari 2018 ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Supermoon, Blue Moon, Gerhana Bulan Fenomena Alam 31 Januari 2018"

Post a Comment