Lukisan Mural di Tebing Bukit Tunggangan Trenggalek

Mural di Tebing Tunggangan
Mural di Tebing Tunggangan
Mural adalah sebuah teknik seni lukis / gambar yang biasanya di terapkan pada media dinding, tembok atau permukaan media yang luas dengan sifat permanen. Banyak lokasi wisata yang lagi trend dengan mengangkat mural sebagai daya tarik tersendiri salah satu yang paling terkenal di Jawa Timur adalah kampoeng 3D atau yang kerap di sebut kampong warna warni kota Malang.

Di kota Trengglalek lukisan mural juga pernah di terapkan di kawasan hutan kota dengan seni tiga dimensinya.  Namun karena termakan usia dan cuaca, lukisan tiga dimensi yang pernah viral lewat program gerakan mewarnai di kampong kelir ini juga mulai pudar warnanya.

Sekali lagi mural mencoba di angkat sebagai daya tarik wisata, kali ini berlokasi di kecamatan durenan. Namun mural yang satu ini bisa di bilang lebih menarik dari pada mural yang pernah ada sebelumnya. Mural yang kali ini mengambil sebuah dinding tebing sebagai media lukisnya. Tepatnya di kawasan bukit paralayang desa Kendalrejo kec. Durenan lukisan yang di  buat oleh para muda-mudi ini mulai menjadi spot selfi yang di gemari.

Mural di Tebing Tunggangan trenggalek
proses pembuatan mural di tebing
Pembuatan mural yang tergolong unik ini sebagai wujud kepedulian pemuda desa sekitar untuk mengangkat potensi wisata yang ada di gunung gemblung. Utamanya pada bukit tunggangan sebagai satu satunya lokasi paralayang yang di harapkan kelak bisa menjadi tuan rumah dalam beberapa acara kejuaraan daerah maupun tingkat nasional.

Terus berbenah perlahan namun pasti, gotong royong para warga setempat yang rutin di lakukan tiap minggunya perlahan memulai menampakkan hasil. Ruas jalan yang dulunya sulit dan hanya memiliki lebar kurang dari satu meter kini sudah di perbaiki dan layak untuk kendaraan bermotor. Bahkan jembatan bamboo juga sudah rampung di bangun untuk mempermudah akses menuju lokasi wisata.

Mural di Tebing Tunggangan trenggalek
proses pembuatan mural di tebing
Masih banyak tebing-tebing kosong yang menunggu coretan seni para muda mudi ini, tentunya semakin banyak mural yang tergambar pada tebing akan semakin mempercantik lokasi wisata bukit tunggangan. Dan bisa jadi lokasi wisata bukit tunggangan ini di nobatkan sebagai wisata tebing mural yang bakal menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan luar kota.

Foto by: (info seputar durenan trenggalek)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lukisan Mural di Tebing Bukit Tunggangan Trenggalek"

Post a Comment