TuTorial : Membuat Obat Penyubur Padi dari Telur Keong Mas


Pada sesi tutorial kali ini saya akan berbagi sedikit membagi pengalaman dari salah seorang teman yang kebetulan berporfesi sebaga seorang petani. Yakni tentang cara untuk membuat obat penyubuh padi dari bahan telur keong racun atau dalam bahasa jawa sering di sebut “Kol”.

Keong racun atau yang kerap juga di sebut keong mas ini memang merupakan salah satu hama yang sangat rakus dalam memakan tunas tunas padi yang masih sangat muda. Tak tanggung tanggung terkadang dalam suatu petak sawah bisa terdapat puluhan hingga ratusan  ekor keong mas.

Daur hidupnya yang bersembunyi  jauh di dalam tanah ketika musim kemarau membuat para petani kewalahan, mengira sawah mereka telah aman dari serangan keong ini. Namun dengan sedikit memanfaatkan gagasan dari salah seorang teman saya ini bisa jadi sedikit mengurangi laju perkembang biakan dari keong mas.

Langsung saja kita ulas Tutorial : Membuat Obat Penyubur Padi dari Telur Keong Mas
Bahan Bahan :
1 Kg Telur Keong Racun / Keong Mas
½ Kg Gula merah dicairkan dengan air putih satu liter saja
2 liter air leri ( sisa cucian beras)
3 Liter air tawar
1 Liter air kelapa
 
Proses pembuatan :
Hancurkan telur Keong racun sampai benar benar halus, kemudian campurkan bahan bahan yang sudah kita siapkan tadi kedalam satu wadah. Aduk hingga merata lalu fermentasikan selama 7 hari, pastikan selama proses fermentasi  terhindar dari cahaya matahari yang berlebih.
 
Cara penggunaan :
Tuangkan 300ml cairan fermentasi telur keong racun kedalam penyemprot padi ukuran 15, 16 liter. Semprotkan 2 minggu sekali semprot.
 
Catatan : dalam proses pembuatan cairan obat organic ini kita juga bisa sedikir menambahkan bakteri em4 atau formulasi bakteri lain yang sudah tersedia di took-toko pertanian terdekat. Demikan artikel tentang Membuat Obat Penyubur Padi dari Telur Keong Mas semoga bermanfaat.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TuTorial : Membuat Obat Penyubur Padi dari Telur Keong Mas"

Post a Comment