Goa sompil Desa Petung Kecamatan Dongko “Goa Megah Yang Terisolir”

Goa sompil Kecamatan Dongko “Goa Megah Yang Terisolir”

Goa sompil merupakan sebuah aliran sungai bawah tanah yang menembus  gundukan bukit pinus. Goa yang terdiri dari satu lorong tunggal ini mempunyai ruangan pintu luar yang sangat luas dengan stalakmit dan stalaktit dan juga beberapa puluh lintah kecil menempel dan menghiasai dinding goa. 

Begitu pula dengan bagian ujungnya (pintu keluar) merupakan sebuah tebing yang nampak seiring waktu telah berubah menjadi air terjun kecil dengan ketinggian kurang lebih 10 meter. Sehingga jika hendak masuk lewat bagian ujung ini kita harus menapaki sisi tebing dan merangkak masuk menuju celah goa yang lumayan sempit.

Goa sompil Kecamatan Dongko “Goa Megah Yang Terisolir”
Mulut Goa Sompil Yang Megah
Terletak di bawah rimbun pohon bambu, pintu masuk goa yang sepi ini lumayan sulit juga untuk di masuki dari sisi depan. Perlu perjuangan ekstra untuk memasukinya. Meski memiliki ruang mulut yang lebar ternyata untuk bisa masuk lebih dalam lagi harus merangkak melewati sebuah lorong yang cukup kecil. Lorong kecil ini pun terkadang juga tertimbun oleh sampah , belukar dan juga tanah ketikta musim hujan datang .

Namun ketika sudah berhasil melewati lorong kecil ini kita akan di suguhkan dengan pemandangan bawah tanah yang sangat luar biasa. Satu hal yang sangat membuat takjub adalah terdapat banyak kubah raksasa di bagian dalam goa ini. Kubah yang tinggi dan melengkung di atap goa akan membuat siapa pun takjub saat melihatnya.  Sayangnya pemandangan yang terlihat kurang begitu jelas karena sorotan lampu senter tidak mampu menembus hungga dasar kubah. 

Goa sompil Kecamatan Dongko “Goa Megah Yang Terisolir”
Bagian atap Goa
Kurang lebih terdapat 5 atau 6 buah kubah dalam lorong goa sompil ini, dan juga pada bagian tengah terdapat sebuah jurang yang cukup tinggi. Di bagian dasar jurang ini terdapat sebuah kolam kecil yang di manfaatkan warga sabagai sumber mata air dengan system selang. Jurang ini pula lah yang nampaknya juga menjadi pembatas antara mulut dan ujung goa.

Meski goa sompil ini memiliki keindahan yang menawan pada bagian dalamnya, goa ini juga bisa di bilang rawan guguran batu yang jatuh dari atap goa. Hal ini terlihat dari banyaknya gundukan tanah dan batuan yang jatuh di bagian dalam. Bisa jadi juga kubah-kubah raksasa yang saya jelaskan di atas tadi tercipta akibat dari lepasnya bagian atap  goa yang sudah rapuh.

Goa sompil Kecamatan Dongko “Goa Megah Yang Terisolir”
Lorong Goa untuk Mengalirkan air
Goa sompil yang masih belum tergali potensi wisatanya ini, kerap di gunakan warga sekitar sebagai harapan terakhir saat musim kemarau tiba. Kantung kantung air yang ada di dalam goa sompil memang sengaja di pasang selang yang di cor permanen agar bisa mengalirkan air ke rumah warga yang berada di sekitar goa sompil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Goa sompil Desa Petung Kecamatan Dongko “Goa Megah Yang Terisolir”"

Post a Comment