Blogger Trenggalek -Tulungagung, Kumpul Bareng Berbagi Cerita

Blogger Trenggalek Tulungagung
Blogger Trenggalek-Tulungagung
Blogger Trenggalek-Tulungagung: berkumpul bersama dalam satu wadah dan berbagi cerita serta pengalaman ngeblog yang luar biasa dalam sebuah forum. Ternyata efeknya mampu menularkan semangat menulis dan membaca bagi para blogger pemula seperti saya. Tepatnya hari ahad lalu 19 november 2017 saya berkesempatan ikut serta dalam kumpul bareng para blogger se Kabupaten Trenggalek dan Tulungagung. 

Perkumpulan yang sederhana tersebut dihadiri oleh beberapa mastah-mastah sebagai nara sumber dan juga blogger newbi lain sebagai peserta. Namun satu hal yang paling menarik dalam forum ini adalah tidak adanya jurang pemisah antara kasta tersebut. Para mastah yang sudah menghasilkan ratusan karya  dan juga jutaan rupiah dari ngeblog tak sungkan untuk berbagi cerita serta pengalaman pribadi yang begitu sangat menginspirasi.

Telusur punya telusur, ternyata acara  yang mungkin baru pertama kali diselenggarakan ini bermula dari curhatan seorang blogger pemula yang ingin mengadakan kumpul blogger se regional Trenggalek dan Tulungagung. Curhatan tersebut nampaknya di amini oleh salah satu master blogger Trenggalek, dimana gagasan yang sama ternyata sudah ada lama dalam benak fikiran beliau. 

Akhirnya selang beberapa hari dari diskusi cerhat tersebut, sebuah postingan undangan belajar ngeblog pun muncul dari akun face book si master blogger yang bernama Mas Trigus. Sebagai seorang blogger pemula tentunya saya masih sangat haus dengan berbagai ilmu tentang dunia blogger. Tanpa berfikir panjang langsung saja saya mendaftar via online dalam acara yang bertajuk Blogger Trenggalek -Tulungagung.

Sayangnya acara tersebut hanya mampu menampung dan memfasilitasi sekitar 20 orang blogger saja.  Tentu semua itu karena terbatas oleh beberapa sarana dan fasilitas yang memang saya rasa tidak mungkin untuk menampung jumlah lebih dari 20 peserta. Acara yang sederhana namun kaya akan ilmu dan pengalaman tersebut terasa sangat lengkap, kala secangkir kopi jimat menemani dan memberi sepeluk kehangatan saat hujan mulai turun menjalankan tugasnya. Kopi yang merupakan produk asli Trenggalek ini memang sedang naik daun di pasaran.

Acara yang dimulai dengan sambutan serta perkenalan itu memang awalnya masih nampak canggung antara satu sama lain. Sama halnya seperti saya yang masih sungkan juga, mengingat bahwa saya sendiri termasuk salah satu newbi dalam forum ini. Saling pandang dan saling terka pun mungkin timbul dalam benak masing-masing, dia siapa, apa nama bloggnya, mastah atau nebwi kah ?. Namun seiring berjalan waktu suasana yang sedingin cucuran hujan itu mulai pecah dan mulai meleleh hangat seperti hangatnya kopi jimat.

Dalam sesi awal para mastah mastah yang berperan sebagai narasumber mulai menceritakan pengalamannya dalam dunia ngeblog. Cerita pun dimulai dari salah seorang mastah, blogger professional yang juga merupakan tuan rumah pada acara kumpul bareng ini. Cerita sang blogger di mulai dari awalnya mengenal dunia blog, tentang dimana berbagai macam eksperimen dan topic ngeblog yang silih berganti di terapkan. 

Salah satu potongan cerita yang paling menarik dari penuturan sang mastah ini, adalah saat beliau bercerita tentang kisahnya membangun sebuah blog dengan konten cukup senonoh dimana sasarannya adalah pengunjung dewasa dengan usia 18 ke atas. Blog yang di buat dengan konten berbau dewasa tersebut nyatanya memang sangat efektif dalam meningkatkan pengunjung. meski hanya bermodal  foto model yang seksi dan beberapa judul yang mengundang penasaran  banyak pengunjung yang terjebak sehingga trafik yang diperolehpun sangat tinggi.  

Namun hidayah memang datang pada siapa saja yang di kehendaki Tuhan lewat perantaranya. Teguran itu datang dari seoraang teman dekatnya, dimana sebuah nasihat yang menohok terucap pedas dari mulutnya, kalau ingin cari penghasilan yang halal dari ngeblog maka cara ngeblogmu juga harus halal dan benar!!. Ucapan tadi bagaikan sebuah sock terapi beliau, langsung saja tanpa menunggu banyak waktu blog dengan pengunjung sangat banyak itu dihapus tanpa rasa sesal sedikitpun. Dari cerita ini bisa kita jadikan refrensi bahwa untuk mencari penghasilan yang halal cara kita juga harus halal apapun bentuk pekerjaannya.

Lain cerita lagi dengan Mas Ibnu, sorang blogger dari wajak Tulungagung ini membagikan kisahnya yang begitu terobsesi mengejar adesense pada awal ngeblog. Memiliki target selalu menjadi page one merupakan tujuannya dalam membuat artikel blog. Maka tak heran jika sempat beberapa kali  menelurkan artikel dengan jumlah hampir 3000 kata. Bagi saya yang masih amatiran tentu 3000 kata adalah sebuah jumlah yang sangat fantastis dalam membuat artikel. 

Sepenggal pengalaman lucu namun pahit juga sempat dibagikan ketika dengan susah payah mengejar adesne, dengan domain yang masih blogspot.com. Dengan keuletan dirinya dia berhasil mendapat kan adsense yang selama ini di idam idamkan. Namun karena waktu itu masih awal terjun dalam dunia blog, Mas Ibnu nampaknya ceroboh dengan mengubah domain ibnuwajakblogspot.com menjadi ibnuwajak.id sehingga iklan yang sudah lama bersarang di halaman bloggnya harus melayang terbang dan hilang.

Blogger Trenggalek -Tulungagung yang berkumpul dalam ruangan ini nampak sangat antusias dalam mendengar setiap pengalaman dari para mastah - mastah tersebut. Hingga akhirya tiba pada sesi acara utama dimana setiap peserta di ajari bagaimana cara membuat sebuah blog dan menentukan apa yang harus mereka tulis. Point inilah yang bagi saya pribadi sangat penting, dimana saya selama ngeblog ini hanya asal tulis tanpa memikirkan kata kunci yang tepat pada artikel saya. 

Alhasil semua artikel yang ada di jejaknoe.net ini jarang sekali yang bisa menduduki barisan pertama page one. Sebuah ilmu yang sangat berharga dimana untuk mencapai page one kita harus benar- benar mencari kata kunci dengan matang. Bahkan menurut cerita salah seorang mastah di butuhkan waktu berhari-hari hanya untuk mencari dua atau tiga kata kunci yang dalam perhitungannya bisa langsung mengantar artikel menjadi urutan teratas atau page one dalam pencarian gogeel.

Ada banyak trik dan cara yang di bocorkan para blogger Trenggalek-Tulungagung ini, beberapa diantaranya adalah membiasakan diri untuk menulis lebih dari 500 kata per artikel. Dengan menulis kata yang banyak di yakini akan membuat artikel tersebut akan mudah untuk di index gogeel dan juga dengan semakin banyak kata maka artikel terebut akan semakin lama pula bertahan di puncak. 

Selain cara menambah jumlah kata, ada pula cara lain yakni dengan membidik kata kunci dimana para blogger dianjurkan untuk lebih kreatif mencari kata kunci yang masih sangat jarang di pakai atau belum pernah di gunakan dalam penulisan artikel. Metode-metode tersebut nampaknya memang sangat efektif, terutamanya diterapkan bagi mereka yang belum mengerti tentang modifikasi seo dalam blogg. 

Para newbi dalam forum ini di tantang untuk menulis 500 kata, tantangan yang di berikan oleh Mas Trigus ini nampaknya sangat antusias kami tanggapi. Bagi saya pribadi tantangan yang di berikan oleh Mas Trigus tersebut seperti  memiliki sebuah maksud lain yang terselubung. Nampaknya bukan hanya sekedar berbagi ilmu dan trik dalam dunia ngeblog tapi lebih ke sebuah misi literasi untuk membangkitkan semangat menulis dan membaca yang memang sekarang ini sudah sangat jarang diminati. 

Terbukti dengan adanya tantangan 500 kata untuk sebuah artikel, banyak para blogger yang masih newbi seperti saya ini kesulitan meracik serta memadukan kata perkata hingga mencapai angka 500 kata. Dimana kata tersebut harus  menjadi sebuah kalimat yang apik dan nikmat untuk di santap para pembaca.

Ada beberapa alasan yang mendasari kita untuk mulai terjun dalam dunia blogg, ada yang memang murni untuk menulis dan mengembangkan tulisannya. Ada juga yang memang tergiur dengan iming iming untuk mendapatkan dollar dari setiap iklan yang di klik pada halaman blog. Kedua alasan itu memang di amini oleh para mastah dalam pertemuan blogger Trenggalek-Tulungagung ini. Namun sebuah penekanan tentang blog keluar dari mulut Mas Ibnu dan Mas Trigus dimana ngeblog  itu memang bukan melulu untuk mencari duit.  

Tapi lebih ke pada arah seni dan sebuah sarana untuk menyebarkan semangat menulis. Blog  tanpa tulisan atau artikel tidak bisa dikatakan sebagai blog, namun sebuah blog tanpa embel-embel iklan masih bisa di sebut blog karena menyajikan karya dan tulisan yang bermanfaat bagi para pengunjungnya. Memang itulah awal dari gogeel menciptakan aplikasi blogger , sebagai sebuah diary digital yang bermanfaat bagi sesama manusia di seluruh dunia. 

Pertemuan yang berlangsung kurang lebih 6 jam lebih ini tentu sangat bermanfaat bagi sesama blogger. Dimana kita yang selama ini hanya bisa chat dan bertukar cerita lewat medos kini bisa dengan leluasa bercanda dan ngopi bareng di dunia yang benar-benar nyata. Dari sini pulalah saya menemukan sebuah spirit baru yang telah lama hilang tentang apa itu menulis. Seperti apa yang sudah saya singgung di atas tentang ngeblogg untuk sebuah iklan. Karena jujur saya sendiri juga sedang mengalami  fase tersebut. Namun kini, ego yang mengebu itu nampak telah musnah tersiram cerita dan pengalaman yang sangat inspiratif dari para blogger Trenggalek-Tulungagung. 

Kini saya lebih menfokuskan diri untuk menulis dan belajar lagi menulis yang berkualitas hingga menjadi santapan yang nikmat bagi para sobat  pembaca jejaknoe.net. Tentunya ini bukan hal yang mudah bagi saya. Acara yang ditutup dengan bertukar alamat blog tersebut berjalan dengan sangat meriah namun sederhana. 

Sebuah kata mutiara yang samar terdengar entah dari mulut siapa masih melekat dalam benak ingatanku. Menulis dan ngeblog lah masalah iklan atau adsense itu anggap saja sebagai sebuah bonus yang tidak akan menghianati proses yang kamu lakukan.

Sebuah harapan dari kami para blogger pemula agar acara kumppul bareng ini dapat di lakukan kembali sebagai wadah dan sarana silaturahmi yang lebih luas lagi. Karena pastinya para blogger lain yang masih malu malu bersembunyi atau memang enggan berbagi ilmu dan cerita masih banyak yang berkeliaran di luar sana. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih untuk para mastah yang sudah sangat menginspirasi lewat cerita dan pengalaman hidupnya seputar dunia blogger.

Semoga apa yang telah kalian bagikan ini dapat menjadi bekal dan menjadi cikal bakal terbentuknya perkumpulan yang lebih solid lagi antara blogger Trenggalek-Tulungagung. Nah berikut nama para peserta kumpul bareng blogger Trenggalek-Tulungagung yang sudah hadir dalam acara tersebut :

1. Nur Ishaq: sanggurublogger.blogspot.com
2. Sigid susilo : nawacerita.com
3. Ahmad najib: ngglenyinger.blogspot.co.id
4. ajar shidiq: kangajar.blogspot.com
5. Nanang Sujatmiko: njatmikoputra.blogspot.com
6. Salwa Atika Dewi: salwangeblog.blogspot.com
7.Zamzam RosnaTaufik: zamzamplm.blogspot.com
8. Ibnu Wijayanto: ibnuwajak.id
9. Muh. Zien khafid
10.Mukti haryanto: iptekbahari.blogspot.com
11. Adi Susanto
12. Sukari: mykopper.blogspot.com
13. Tri Wahyuningsih: triwahyuni22.com
14. Muhamat fatkhur rofi':  rofikgo.blogspot.com
15. Faridatul Masruroh kembarvirgo.blogspot.com
16. Mokhamad Nurul 'Izza kangizza.blogspot.com
17. Nizal amali
18. Muhammad in'amul : diaryofaufa.blogspot.com
19.DoniAsmara : jejakexploretrenggalek.blogspot.com


.






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Blogger Trenggalek -Tulungagung, Kumpul Bareng Berbagi Cerita"

Post a Comment