Misteri Tlaga Debeg Tangkil Panggul Trenggalek


Tlaga debeg merupakan lebih mirip dengan rawa jika di lihat saat ini, ketidak terawatan dan hujan yang membawa gundukan pasir membuat telaga yang dulu memiliki pemandangan indah ini menjadi berubah dari beberapa tahun lalu.

Telaga yang cukup terkenal dari zaman penjajahan belanda ini mempunyai banyak cerita mistis yang belum terpecakan oleh akal logika.  Salah satunya adalah dipercayanya telaga ini sebagai jalan tembus yang menghubungkan sebagian wilayah kecamatan Panggul dengan beberapa desa yang ada di kecamatan ini bahkan di percaya tembus hingga kabupaten Ponorogo.

Asal muasal nama debeg ini pun juga cukup unik, berawal dari area ini yang kerap di gunakan oleh para penjajah belanda sebagai jalan  / lintasan untuk pulang maka meraka menyebut lokasi sekitar telaga ini dengan nama The  Back yang berti kembali atau pulang. Istilah the back ini pun lama lama berubah kata menjadi debeg.

Kini telaga debeg telah mengalami pendangkalan, meskipun begitu telaga ini masih tetap di manfaatkan untuk pengairan sawah dan sebagai lokasi pemancingan bagi warga sekitar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Misteri Tlaga Debeg Tangkil Panggul Trenggalek"

Post a Comment