Stop Buang Bangkai Tikus di Jalan Waspadai penyakitnya


Bagi warga desa maupun kota membuang bangkai tikus di pinggir jalan masih menjadi kebiasaan buruk yang belum bisa di hilangkan. Dengan dalih agar tidak ribet dan sudah begitu sejak dari dulu kebiasaan ini nampaknya masih sering kita jumpai saat melintas pada jalan raya di kawasan pedesaaan.

Tikus yang terpanggang panas terik matahari dan juga aspal yang memanas memang akan cepat membuat bangkai tersebut menjadi kering bahkan dalam beberapa hari saja sudah berubah menjadi seperti rempeyek yang tipis. Belum lagi jika di tambah dengan gilingan dari roda mobil atau kendaraan berat yang melintas tentu proses pemusnahaan bangkai ini akan menjadi lebih cepat lagi.

Namun tanpa banyak disadari bangkai tikus yang sedang menjalani proses pembusukan ini justru bisa memicu berapa penyakit lewat perantara lalat dan udara. Penyakit apa saja yang dapat di tularkan oleh tikus ini yuk kita bahas satu per satu di  bawah ini.
.
1.Leptospirosis
Penyakit ini lebih dikenal dengan nama penyakit kencing tikus. Penyebab utamanya adalah bakteri leptospira. Bakteri leptospira ini menyebabkan penyakit leptospirosis terutama pada hwan  tikus, cecurut, anjing, kucing, maupun hewan ternak seperti kambing, sapi dan kuda. Akan tetapi penyakit ini juga dapat menular ke manusia 

Gejala penyakit ini memiliki tanda yang khas. Umumnya penderita akan mulai merasakan demam, meriang, disertai pegal atau nyeri pada betis atau paha. Pada penderita dengan tingkat yang sudah parah bisa sampai berubah menjadi  penyakit hati (penyakit kuning), mata kemerahan, dan yang fatal adalah gagal ginjal.
2.Pes
Ada beberapa jenis penyakit pes yang ada saat ini. Namun yang paling berbahaya yaitu jenis Pes Pnemonik yang dapat  menyerang saluran  pernafasan. Penyebab dari penyakit  pes ini  adalah bakteri Yersinia pestis. Bakteri tersebut menular melalui gigitan kutu yang hidup pada tubuh tikus. Gejala yang dialami oleh penderita antara lain demam tinggi dan nyeri pada lipat paha atau ketiak..
3.Murine typhus
Murine typhus adalah jenis penyakit yang jarang dikenal oleh masayarakat luas. Penyakit ini disebut juga Tipus Endemik. Penyebabnya yaitu bakteri Rickettsia typhi yang ditularkan melalui kotoran kutu pada tikus yang kemudian masuk ke dalam luka gigitan kutu atau luka lain yang ada di kulit kita.  Gejala utamanya antara lain yaitu demam dan nyeri otot, kadang pula disertai ruam atau bintik kemerahan
Masih banyak lagi penyakit yang di sebabkan oleh binatang pengerat ini, tentunya kebiasaan membuang tikus di jalan harus segera mungkin di ubah. Tikus yang mati bisa langsung di kubur jangan lupa menggunakan  sarung tangan atau alas agar tidak terjadi kontak langsung dengan tikus. Setelah itu cucilah tangan dengan sabun agar lebih bersih lagi.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Stop Buang Bangkai Tikus di Jalan Waspadai penyakitnya"

Post a Comment