Mbeji Maron Birunya dan Jernihnya Kolam Alam


Terlekat tak jauh dari lokasi  wisata bukit mbayon sumber mata air yang di kenal dengan nama mbeji maron ini telah menjadi sumber mata air yang penting bagi para penduduk desa di sekitar sejak puluhan tahun yang lalu. Lokasi yang saat ini telah di bangun menjadi dam pada bagian  bawah aliran airnnya memang kerap menjadi tempat ngadem bagi para muda mudi di sekitar desa.

lokasi mbeji maron ini bisa di bilang sangat teduh dan adem, banyak rimbunan pohon trembesi yang tumbuh secara acak. Pohon trembesi inilah yang  merupakan pokok utama penghasil air bersih di kolam mbeji . Saking bersih dan beningnya kolam alam ini akan  terlihat nampak kebiru biruan.

Banyak cerita sejarah dan termasuk cerita simpang siur yang ada di kolam alam ini, mulai dari cerita lorong sumber yang tembus hingga kabupaten tetangga dan juga tentang sebuah telapak kaki salah satu tokoh pewayangan yang membekas pada  batu di aliran sumber mbeji maron.

aliran air yang di percaya terdapat telapak kaki
Namun meski terlihat sangat menggoda, kolam alam ini sangat pantang untuk di jadikan tempat berenang. Pasalnya telah kolam alam yang indah ini memang kerap memakan korban tenggelam terutama anak anak kecil. Saya sendiri pun meski bisa berenang juga nampak masih takut untuk njebur dan berenang ke tengah kolam mbeji. 

Suasana yang terlalu tenang dan sepi serta kolam yang berwarna kebiruan nyatanya membuat saya menjadi sedikit takut untuk nekat berenang di tengah tengah kolam. Namun sebagai pengobat rasa gerah dan penasaran kalian  bisa berenang di pinggiran saja serta bermain air di aliran kolam mbeji maron.

Di sekitar lokasi ini sekarang juga sudah berdiri kedai kopi yang di kelola oleh warga setempat. Meski bukan tempat wisata yang terkelola dengan baik namun mbeji maron tetap di kunjungi terutama pada sore hari, dimana para pengunjung biasa menikmati teduh pemandangan dengan secangkir kopi yang menamani.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mbeji Maron Birunya dan Jernihnya Kolam Alam"

Post a Comment