Goa Terindah di kota Trenggalek “kalau kamu pilih yang mana ?”

goa terindah di trenggalek
Goa terindah di Trenggalek :
Jika ditanya tentang destinasi wisata goa terindah di kota Trenggalek pasti kita sepakat jika predikat tersebut di berikan pada Goa lawa yang berada di Kecamatan Watulima. Memang selain terkenal akan keindahanya goa lawa juga di sebut-sebut sebagai goa yang memiliki ruangan terbesar se Indonesia bahkan se Asia Tenggara. Keindahan suatu goa biasanya di tentukan dari seberapa banyak jumlah atau keunikan dari stalakmit dan stalakti yang menempel dan tumbuh pada tiap ruang goa. Jika keindahan goa seperti itu yang di maksud maka tak  salah untuk menempatkan goa lawa dalam posisi teratas sebagai goa terindah dengan unsur ruangnya.

Goa lawa : asliindonesia.net
Namun baru-baru ini sebuah goa yang tak kalah indah dari goa lawa telah muncul dengan menyuguhkan pemandangan alam ala stone garden dan taman bunga. Tentu sobat pembaca yang berdomisili di wilayah Trenggalek sudah bisa menebak apa nama dari Goa tersebut. Benar sekali Goa indah yang di gadang – gadang mampu menyaingi keindahan goa lawa tersebut di kenal dengan sebutan Goa Putri Ngerit (Goa Ngerit). Goa ngerit sendiri merupakan sebuah aliran sungai yang berada tepat di bebatuan karst  sehingga gerusan air yang sudah mengalir selama ratusan tahun tersebut  meninggalkan bekas lobang besar pada tiap tebing sehingga terciptalah lorong atau goa yang sangat banyak.


Jika dibandingkan dengan struktur ruang dari goa lawa yang memang sudah terkenal akan stalakmit dan stalaktitnya goa ngerit memang masih jauh tertinggal dari sebutan predikat indah. Namun  jika keindahan yang di unggulkan lewat sudut pandang sebuah pemandangan hijaun nan luas serta udara yang segar Goa ngerit bisa di bilang adalah juaranya. Bahkan keindahan goa ini pernah menduduki peringkat tiga besar dalam medsos isntagram dengan tag #cave.

goa terindah di trenggalek
Goa Ngerit
Nah sobat pembaca Jejaknoe.net artikel ini saya tulis bukan untuk mencari goa mana yang paling indah di kota Trenggalek. Namun lebih ke sebuah pandangan saja bahwasanya setiap lokasi wisata mempunyai keindahan dari sudut pandang yang berbeda-beda.  Misalkan dengan Goa Lawa yang masih tetap setia bertahan dengan kegelapannya pada beberapa sudut ruang, dengan alasan agar terlihat lebih natural dan alami. Tentu gelapnya ini membuat siapa saja yang masuk akan kesulitan terlebih beberapa ornament stalakmit dan stalaktit tidak terlihat dengan jelas karena gelap. Belum lagi kotoran kelelawar yang baunya menyengat hidung serta terkadang jatuh menimpa tubuh para pengunjung.

goa terindah di trenggalek
Goa Ngerit
Sedang di goa ngerit pengunjung memang tidak akan menjumpai megahnya ornament stlakmit dan stalaktit seperti yang ada di goa lawa namun di sini pengunjung  bisa menjelajahi lorong goa yang di tumbuhi banyak bunga dan area bermain bersama keluraga. Kedua lokasi ini sama-sama di klaim sebagai goa yang paling indah dan terindah di kawasan kota Trenggalek oleh pihak pengelola. Jargon atau klaim tersebut  nampaknya tak lebih sebagai salah satu cara marketing pemasaran wisata atau propaganda saja.  karena pada dasarnya hanya para pengunjunglah yang berhak untuk memberikan predikat goa terindah tersebut. 

Jadi bagi kamu para pecinta keindahan dan kemegahan dari dunia bawah tanah terutama pada stalakmit dan stalaktit, goa lawa pasti akan menjadi lokasi pertama yang bakal kamu tuju. Sedangkan bagi yang lebih suka goa dengan suasana sejuk dan pemandangan stone garde yang indah goa ngerit adalah goa pertama yang wajib kamu kunjungi bersama orang terdekat kamu.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Goa Terindah di kota Trenggalek “kalau kamu pilih yang mana ?”"

Post a Comment