Air Terjun Sendang Lawean Kaki Gunung Wilis


Air terjun yang satu ini merupakan salah satu air terjun yang memiliki ketinggian istimewa di kabupaten Tulungagung. Dikenal dengan sebutan sendang lawean air terjun ini mempunyai ketinggian hampir 100 meter lebih, tentunya dengan angka yang fantastis tersebut sudah pasti akan membuat leher kita terasa capek dan pegal jika  terus menerus memandangi keindahan  dari air terjun ini. lokasinya yang tepat berada di bawah kaki gunung wilis membuat kawasan sekitar air terjun dipenuhi dengan hawa kesejukan dan keindahan yang menyegarkan mata. Secara geografis air terjun sendang lawean sendiri berada di wilayah Dusun Turi, Desa Geger, Kecamatan Sendang Kab. Tulungagung. Dimana pada daerah ini memang dikenal dengan iklimnya yang cukup dingin, maka tak heran jika di sekitar perjalanan menuju sendang lawean kita akan dapati banyak sekali perkebunan teh dan sayur mayur khas daerah iklim dingin seperti kubis dan kol.

Bermula pada perjalanan bersama teman dari Jejak Kaki Tulungagung saya pun akhirnya bisa juga untuk menikmati keindahan air terjun sendang lawean. Bertemu di titik poin yang sudah di sepakati yakni SMA 1 Karangrejo Tulungagung kami beserta rombangan touring ini bersama-sama menyusuri jalan menuju lokasi tersebut. Tentunya saya yang belum pernah sekalipun mengenali daerah ini hanya bisa membuntuti dari belakang saja. Beberapa jam kami lalui dengan menyusuri aspal yang dengan kondisi lumayan bagus namun ketika hendak mencapai lokasi penitipan motor jalan yang harus dilalui pun mulai sulit. Tak butuh waktu lama setelah melintasi jalan yang agak sulit ini kami sampai pada sebuah bangunan permanen yang berada di tengah tengah area perkebunan, bangunan yang digunakan untuk tempat parkir  kendaraan ini rupanya adalah tempat untuk mengumpulkan hasil panen agar lebih mudah di angkut ke kota.
Lokasi parkir di tengah perkebunan
Nah dari sinilah perjalanan dengan kaki dimulai, kami dipandu oleh seorang senior dalam rombongan ini sebut saja namanya om Indro, Hehehe bukan Indro warkop loh ya. Om Indro sendiri nyatanya sudah berkali kali menjelajahi kawasan sendang lawean bahkan menurut beliau pernah sekali dia menyusur hingga sampai pada bagian puncak lawean. Di awal perjalanan kami menyusuri jalan setapak di kawasan perkebunan kol dan kubis, selang beberapa menit berjalan mulailah kami masuk kedalam area hutan gunung wilis dimana pada kawasan hutan ini banyak sekali tumbuh pohon pakis dan bunga anggrek liar. Hawa sejuk dan segar pun mulai terasa kuat ketika kami semakin dalam memasuki kawasan wilis, beberapa kali juga sempat kami berpapasan dengan para pengunjung lain yang hendak pulang dari lokasi. Kira kira setelah melewati tujuh buah hilir aliran sungai barulah kami sampai di lokasi sendang lawean dan tentu ini sudah saatnya untuk melepas lelah tubuh sambil menikmati indah pemandangan di sini.
Berfoto di sendang lawean
Menurut cerita dari  masyarakat sekitar , air terjun sendang lawean pada zaman dulunya pernah dikuasai oleh empat orang sakti yakni Mbok Roro dewi gangga , Mbok roro cenehti, Mbok Roro wilis dan Mbok Roro endang . Konon pula menurut cerita yang ada mata air yang jatuh di air terjun sendang lawean di percaya berkhasiat dapat menyembuhkan penyakit kulit dan beberapa penyakit lain. Maka tak heran jika masih saja banyak yang mengunjungi walau letaknya jauh berada di dalam hutan kaki gunung wilis.

Note.: Foto Taken By Om Indro ( Jejak Kaki Tulungagung)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Air Terjun Sendang Lawean Kaki Gunung Wilis"

Post a Comment